Rabu, Mei 22, 2024

Dapat Penghargaan dari Majalah TEMPO Kategori Pendorong Ekonomi Kerakyatan, Ini Respons Bupati Dairi Eddy Berutu

DAIRI – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menerima penghargaan bergengsi dari Majalah TEMPO sebagai salah satu bupati yang berprestasi dalam kategori Pendorong Ekonomi Kerakyatan. Penghargaan diberikan TEMPO dalam acara “Apresiasi Tokoh Indonesia” di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa, 29 Agustus 2023.

Penghargaan ini tak main-main sebab sebelumnya TEMPO telah melakukan penilaian, yang mana dari ratusan kepala daerah, Bupati Eddy Berutu termasuk salah satu yang sukses memajukan daerahnya terutama dalam mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan sehingga layak mendapat apresiasi.

Tradisi TEMPO dalam memilih kepala daerah berprestasi sudah dimulai sejak 2008. Proses pemilihan dilakukan dengan mendata seluruh kepala daerah, baik bupati atau wali kota. Setelah didata, tim TEMPO menyusun dalam beberapa kategori. Dalam pemilihan, TEMPO melibatkan Komite Pemberantasan Korupsi (KPK), Komite Pemantau Kepala Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya.

Tujuannya untuk menelusuri kepala daerah yang ada terutama memastikan mereka bebas dari korupsi. Meraih penghargaan sebagai pendorong ekonomi kerakyatan yang dimaksud lewat program Agri Unggul dalam hal ini pengembangan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) yakni berkontribusi pada perekonomian lokal.

Bupati Eddy Berutu mengaku bangga atas penghargaan ini. “Saya dan seluruh jajaran sangat bangga dan bersyukur atas penghargaan ini. Penghargaan yang betul-betul mengukur apa yang sudah kami darma baktikan untuk masyarakat,” katanya. Dia menambahkan penghargaan ini secara khusus sangat relevan dengan Kabupaten Dairi karena tekad sebagai Bupati ingin mendorong ekonomi kerakyatan. Dia menyebut setidaknya ada dua sektor yang didorong yang merepresentasikan rakyat dan masyarakat Dairi. Satu, sektor pertanian, dan kedua, sektor UMKM.

“Dua sektor ini memang secara khusus mati-matian kami lakukan dukungan karena sebagian besar rakyat Dairi ada di sektor ini dan sektor inilah yang menopang dan mendorong perekonomian Kabupaten Dairi,” ucap Bupati. Eddy Berutu mengatakan juga merasa bangga dan bersyukur karena penghargaan ini diberikan oleh sebuah majalah yang reputasinya sangat tinggi, dipercaya, baik pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.

“Sehingga kami percaya apa yang kami berikan memberi arti bagi masyarakat. Tentu penghargaan ini akan mendorong kami untuk bekerja lebih keras dan bukan saja hari ini tapi besok, tahun depan, dan tahun-tahun yang akan datang untuk mewujudkan Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat,” tuturnya. Menurutnya, penghargaan ini sangat penting karena kategorinya pendorong kesejahteraan rakyat.

“Memang tekad kami sesuai visi misi itu adalah Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat. Fokus kita adalah kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu ada dua hal yang kami lakukan secara khusus. Pertama adalah masyarakat petani dan kedua adalah masyarakat UMKM,” ucapnya. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN