Senin, Juli 22, 2024

Dr Badikenita Sitepu Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Kepada Generasi Muda Jemaat ONKP di Medan

Medan – Anggota DPD RI Dapil Sumut Dr Badikenita Sitepu SE SH M.Si bertemu dengan jemaat ONKP (Orahua Niha Keriso Protestan).

Kedatangan anggota DPD RI Tahun 2019-2024 itu disambut hangat ratusan jemaat ONKP.

Pertemuan berlangsung di Gereja ONKP Resort Medan, Tegal Sari Mandala II, Kec. Medan Denai, Kota Medan, 22 Januari 2024.

Kedatangan Ketua Umum DPP PIKI (Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia) itu untuk mensosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Kepada Generasi Muda Jemaat ONKP.

Anggota PURT DPD RI itu menjelaskan, mengacu pada ketentuan Pasal 22D UUD 1945 dan Tata Tertib DPD RI bahwa sebagai lembaga legislatif DPD RI mempunyai fungsi legislasi, pengawasan dan penganggaran.

“Sedangkan tugas dan wewenang DPD RI adalah, Pengajuan Usul Rancangan Undang-Undang, Pembahasan Rancangan Undang-Undang, Pertimbangan Atas Rancangan Undang-Undang dan Pemilihan Anggota BPK dan Pengawasan atas Pelaksanaan Undang-Undang,” ujar lulusan terbaik program Pendidikan Reguler Angkatan XLV 2010 LEMHANAS RI itu.

Dr Badikenita Sitepu SE SH.M.Si, yang maju Calon DPD RI Dapil Sumut pada Pemilu 2024 kemarin juga menjelaskan, pentingnya memahami empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

 

“Melalui sosialisasi ini, diharapkan dapat memberi pemahaman dan wawasan kepada masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Direktur Eksekutif Pusat Kajian Ekonomi Politik dan Sosial Sumatera Utara.

 

Perempuan satu-satunya Calon DPD Dapil Sumut pada Pemilu 14 Februari 2024 itu menambahkan, bahwa dalam keberagaman budaya, suku dan agama perlu adanya untuk saling toleransi dan menghargai sesama bangsa Indonesia sesuai dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Harapan saya, dengan adanya sosialisasi ini bisa menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan dan rasa nasionalisme sesuai semangat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945,” ujar doktor termuda Ilmu Ekonomi dan Bisnis lulusan Universitas Indonesia (UI) Tahun 2013 itu. (Red)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN