Minggu, April 21, 2024

Kemendikbud Ristek Gelorakan Cinta Lagu Anak Indonesia

Kebijakan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset serta Teknologi (Kemendikbud Ristek) tepatnya pada Direktorat Jenderal Kebudayaan – Direktorat Perfilman, Musik dan Media, mulai menggelorakan cinta lagu anak Indonesia, dengan menggelar kegiatan KILA (Kita Cinta Lagu Anak) pada Selasa (30/5) dilaksanakan di Medan.

Upaya menggelorakan kembali keberadaan dan kecintaan pada lagu-lagu anak Indonesia, dicanangkan pemerintah tepatnya pada peringatan Hari Musik Nasional pada 9 Maret 2023, dimana pada peringatan tersebut didorong suatu upaya untuk menggelorakan dan memperkuat kembali keberadaan lagu-lagu anak di negeri ini.

Bagi Kota Medan, mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan Kita Cinta Lagu Anak ini, sebagaimana dilaksanakan pihak Kementrian dengan mengikutsertakan Dinas Pendidikan Kota Medan melalui kegiatan Sosialisasi di berbagai lembaga pendidikan sekolah tingkat dasar dan demikian juga di lembaga pendidikan music ( 25-29 Mei 2023 ) dan puncaknya pada pentas music KILA 2023 bagi anak di Pos Block Medan ( 30 Mei 2023 ).

“ Kegiatan KILA ini di tahun 2023 adalah tahun ke 4 dilaksanakan dan Kota Medan merupakan Kota terakhir roadshow KILA 2023 dilaksanakan, dan sebelum di Medan, kegiatan sejenis ini digelar di Semarang, Surabaya dan Makassar.

Kegiatan ini membangun dan menunjukkan semangat serta komitmen mengajak anak-anak di Indonesia dan sahabat-sahabat anak dapat turut serta dalam kegiatan Kita Cinta Lagu Anak “ ungkap Edi Irwan, Kepala Subdirektorat Seni Pertunjukan Direktorat Kesenian Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek , di sela-sela pembukaan kegiatan, Selasa ( 30/5 ) di Pos Block Medan.

Lagu anak

Dikatakan Edi lebih lanjut KILA adalah momentum jawaban dari keprihatinan dan kajian bahwa selama hampir 20 tahun terakhir ini, anak-anak kekurangan lagu-lagu anak-anak Indonesia yang bersifat mendidik, menghibur.

Justru yang terjadi, anak-anak saat ini telah disajikan lagu-lagu orang dewasa yang jelas sangat berpengaruh kepada perkembangan psikis kejiwaan dan pikiran mereka. Untuk itu Edi menyebutkan pemerintah berkomitmen untuk menggelorakan kembali lagu anak-anak Indonesia karena melalui lagu nada pesan-kesan dan komunikasi yang terbangun baik yang secara tidak langsung sangat berpengaruh bagi perkembangan kejiwaan anak bergerak menuju masa remaja dan dewasa dan demikian juga dengan pesan pendidikan yang tersampaikan melalui lagu.

“ Kita selama 3 tahun ini melalui KILA hadir dengan lomba cipta lagu anak, lomba aransemen lagu anak dan lomba menyanyi lagu anak dan kini telah menghasilkan koleksi 15 lagu anak baru dan 1 buah lagu tema yang diciptakan oleh Dian HP, “ kata Edi.

Edi juga menambahkan bahwa dari pelaksanaan kegiatan KILA selama kurun waktu 4 tahun ini, lagu-lagu anak yang dihasilkan memiliki kualitas musik yang baik, enak didengar serta sesuai dengan target usia anak ( 5-7 tahun dan 8-14 tahun ) dengan tema beragam yang sarat dengan nilai-nilai budi pekerti dan dari kegiatan ini telah terbentuk komunitas KILA terdiri dari 1400 pencipta lagu, 140 pembuat aransemen lagu dan 1300 penyanyi anak yang telah berpartisipasi dalam lomba-lomba di KILA.

Sosialisasi 15 Lagu Lomba KILA

Kegiatan KILA 2023 berbeda dengan kegiatan di tahun-tahun sebelumnya, dimana pada kegiatan KILA tahun 2023, terfokus pada sosialisasi lagu-lagu pemenang lomba cipta lagu dan lagu tema sejumlah 15 lagu, yang bertujuan karya-karya lagu anak ini dapat diketahui, dikenal dengan baik oleh masyarakat luas terutama anak-anak.

Lagu-lagu yang menjadi pemenang di lomba cipta lagu dan aransemen KILA ini, dilengkapi dengan video klip dan dirangkai pada kegiatan pentas musik anak.

Ibu Sri, seorang guru di sekolah dasar di Medan, di sela-sela kegiatan KILA 2023, sangat mengapresiasi adanya kegiatan yang membangkitkan kembali lagu-lagu anak Indonesia.

Disebutkan Sri, acara kegiatan KILA 2023 di Medan yang dirangkai pada tatanan acara Pentas Musik, adalah sangat baik sebagai sarana bagi para anak-anak untuk menunjukkan bakatnya di bidang tarik suara dan demikian juga kegiatan seni lainnya serta sebagai sarana bagi anak-anak, orang tua dan para pemerhati anak dan lagu anak-anak dapat menikmati karya lagu-lagu anak terbaru dan tentu menikmati penampilan para anak-anak yang telah menjadi juara pada kegiatan lomba di KILA.

“ Pentas music lagu Anak-Anak seperti KILA 2023 sangat menginspirasi bagi anak-anak untuk dapat mengenal, mengetahui dan menyanyikan lagu-lagu anak terbaru yang bersifat mendidik dan menanamkan budi pekerti.

Dari kegiatan ini semangat anak-anak untuk menekuni dunia seni terutama seni suara akan semakin terbuka dan anak-anak dalam usianya yang masih anak-anak dipastikan tidak akan lagi terbudak oleh lagu-lagu orang dewasa. (As/Ril)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN