Rabu, Mei 22, 2024

Kenali Ciri-Ciri Sahabat Sejati Jangan Salah Pergaulan

Kamu perlu mengenali ciri-ciri sahabat sejati supaya kamu bisa menilai apakah teman dekatmu benar-benar sahabat sejati.

Jangan salah! Teman yang selalu mau mendengarkan curhatmu belum tentu menandakan dia adalah sahabat sejati. Ada banyak hal lain yang menandakan temanmu adalah sahabat sejati.

Dalam perjalanan hidup, akan ada banyak orang yang datang dan pergi silih berganti. Sebagian orang yang kita temui bisa pergi tanpa meninggalkan kesan apa pun, tetapi yang lain mungkin akan menjadi teman, bahkan sahabat sejati.

Walau tidak selalu terlihat jelas, sebenarnya ada tanda yang bisa kamu temukan dari seorang sahabat sejati. Kamu bisa melihatnya dari bagaimana komunikasi antara kalian berdua, bagaimana sikapnya saat kalian bertengkar atau berdebat, dan bagaimana ia bisa menjadi sosok penengah sekaligus pendukungmu.

Memiliki sahabat sejati bukan hanya bisa mengusir kesepian, tetapi juga baik untuk kesehatan mental, lho. Namun perlu diingat, persahabatan yang sehat melibatkan komunikasi dua arah yang terbuka.

Artinya ketika kamu menganggap seseorang sahabat sejatimu, pastikan ia pun menganggapmu sebagai sahabat sejatinya.

Untuk mengetahui siapa saja sahabat sejati sesungguhnya dalam hidupmu, coba simak ciri-ciri sahabat sejati berikut ini:

1. Selalu mendukungmu dengan objektif
Sahabat sejati adalah orang yang selalu memberi dukungan, baik saat susah maupun senang.

Ia akan dengan senang hati mendengarkan, memvalidasi perasaanmu, atau membuatmu merasa lebih baik, tetapi tidak membuatmu terjebak toxic positivity.

Ia juga menjadi orang yang membuatmu bangkit saat kamu sedang dihadapkan pada tantangan hidup. Sebuah studi mengungkapkan bahwa dukungan moril yang diberikan oleh sahabat sejati dapat membantu seseorang melewati masa-masa yang berat di dalam hidupnya.

Akan tetapi, jangan sampai kamu mengira sahabat sejati pasti akan mendukung semua hal yang kamu lakukan termasuk kesalahan atau hal-hal buruk, ya.

Tanda seseorang merupakan sahabat sejatimu adalah jika ia mampu menegur jika kamu melakukan hal-hal yang salah. Ketahuilah saat seorang sahabat sejati menegurmu, semata-mata karena ia menyayangimu.

2. Membantumu mengurangi stres
Saat muncul masalah yang membuatmu sedih, sahabat sejati akan selalu punya waktu untuk mendengarkan dan membantumu mencari solusi.

Teman dekatmu bisa jadi adalah sahabat sejatimu jika kamu merasa tenang saat menceritakan masalahmu kepadanya. Hal ini karena kalian saling percaya.

Sebaliknya, kalau teman dekatmu terus-menerus membuatmu gelisah, stres, atau sedih, mungkin hubungan pertemanan yang sedang kalian merupakan bagian dari hubungan beracun atau toxic relationship. Jika dilanjutkan, kamu bisa terluka secara mental dan emosional, lho.

3. Memberimu rasa aman dan nyaman
Jika kamu bisa membicarakan apapun ke sahabat tanpa ragu, meski kalian tak bertemu setiap hari, itulah yang dinamakan sahabat sejati.

Misalnya, kamu nyaman, aman, dan percaya untuk membicarakan masalah keluarga dengannya, padahal hal tersebut biasanya nggak ingin kamu umbar ke siapa pun.

Begitu pun sebaliknya, jika sahabatmu bisa menyampaikan hal apapun, baik masalahnya maupun mengkritik sikapmu yang salah, itu artinya dia percaya dan merasa aman bersamamu. Hal ini merupakan tanda kalian merupakan sahabat sejati untuk satu sama lain.

4. Mendorongmu ke arah yang lebih baik
Pernah dengar tentang support system? Nah, ciri-ciri sahabat sejati yang berikutnya adalah ia bisa menjadi support system buatmu.

Seorang sahabat sejati bisa menjadi pendukung utama, sekaligus menjadi inspirasimu untuk lebih maju.

Sebagai contoh, sahabat sejati akan mendukungmu dan memberi masukan saat kamu akan memulai bisnis, usaha, atau saat kamu memutuskan untuk melanjutkan kuliah.

Bukan hanya itu, saat kamu melihat sahabat sejatimu sukses, kamu juga akan merasa bahagia, bahkan terinspirasi untuk menjadi sukses juga.

5. Selalu merasa senang saat bersamanya
Tidak melulu soal senang atau bahagia saja, sahabat sejati selalu berusaha untuk menyelesaikan masalah ketika kalian berselisih paham atau bertengkar.

Sahabat sejati tidak akan diam sampai akhirnya lost contact, tetapi berusaha menemukan jalan untuk kembali ke sahabatnya.

Setelah konflik selesai, kalian bahkan bisa lebih saling memahami dan hubungan kalian berdua bisa lebih erat dari sebelumnya.

Itulah lima ciri-ciri sahabat sejati yang perlu kamu kenali. Terkadang, tidak apa-apa menghabiskan waktu untuk menyendiri atau me time. Namun, jangan lupa tetap menjalin komunikasi dengan sahabat untuk mewujudkan pertemanan yang sehat dan berdampak positif pada kesehatan fisik dan mental.

Apabila kamu merasa kesulitan memulai pertemanan dan membangun rasa percaya pada orang baru, jangan ragu berkonsultasi ke psikolog atau psikiater untuk menemukan solusinya, ya.

Ditinjau oleh : dr. Merry Dame Cristy Pane

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN