Kamis, Februari 22, 2024
KPU SUMATERA UTARAspot_img
KPU SUMATERA UTARAspot_img

Ketika Bupati Dairi Memberi Kejutan Bagi Pejuang di Hari Veteran Nasional

DAIRI– Siang itu, Kamis (10/8/2023), aktifitas di Pasar Sumbul tampak sepi. Selain bukan hari pasar, juga langit tampak mendung sehingga mengurangi aktifitas orang ke luar rumah.

Di sebuah rumah yang juga berfungsi sebagai toko, di tengah pasar itu, tampak sebelas orang tua sepuh duduk berbaris. Rata-rata umur mereka di atas 70 tahun. Mereka adalah para veteran dan janda veteran yang ada di Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi.

Tepat pukul 11.50 WIB para orang tua itu kedatangan orang nomor satu di Dairi, Bupati Eddy Keleng Ate Berutu.

Wajah para orang tua itu langsung terlihat gembira, apalagi karena Bupati Dairi menyapa mereka dengan penuh kehangatan, memeluk, dan menanyakan kabar mereka.

Beberapa candaan dan percakapan singkat lalu terjalin antara Bupati dengan para veteran dan janda veteran itu. Suasana tampak akrab, sesekali mereka tertawa bersama.

Bupati tak sendiri. Dia didampingi Kepala Dinas Pendidikan Jonni Waslin Purba dan Kepala Dinas Kesehatan Henry Manik.

Bupati Eddy Berutu tampak gembira dengan sambutan hangat para orang tua itu. Dia menyampaikan terima kasih kepada veteran yang telah berjuang untuk memerdekakan Indonesia.

Eddy juga menyampaikan terima kasih kepada janda veteran yang telah berjuang dan mengikhlaskan suaminya untuk berangkat ke medan perang.

Ketika tiba waktunya untuk memberikan tali asih, Eddy Berutu diberitahu bahwa pemilik rumah, Ria Tondang atau Oppung Sumuang, yang juga merupakan veteran, sedang dalam kondisi sakit dan harus berada di dalam kamar untuk beristirahat.

Mendengar hal itu, Eddy Berutu pun segera menghampiri wanita berusia 97 tahun tersebut untuk memberikan secara langsung tali asih yang telah disiapkan.

Tidak lupa, Eddy berbincang-bincang sembari kembali mengucapkan terima kasih atas perjuangan yang telah dilakukan Ria Tondang di masa mudanya.

Setelah selesai memberikan tali asih kepada veteran dan janda veteran tersebut, Eddy memberikan kejutan dengan membawakan kue ulang tahun sebagai tanda peringatan Hari Veteran Nasional yang jatuh pada tanggal 10 Agustus.

Tampak raut terkejut di wajah veteran dan janda veteran tersebut. Tidak seorang pun dari mereka yang mengetahui bahwa mereka akan mendapat kue ulang tahun tersebut.

Dengan semangat, Eddy membawa kue tersebut mendekat ke arah veteran sambil menyanyikan lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ dan meniup lilin bersama-sama.

Seusai meniup lilin dan foto bersama, Eddy Berutu pun menjamu veteran dan janda veteran tersebut dengan memberikan makan siang untuk dimakan bersama.

Selama makan siang berlangsung, Morinta Simbolon, janda veteran, memberikan beberapa umpasa (peribahasa) kepada Eddy Berutu. Disampaikan Morinta, umpasa yang dia sampaikan tersebut dapat menjadi bekal bagi Eddy dalam memimpin Kabupaten Dairi ke arah yang lebih baik.

Mendengar itu, Eddy Berutu pun menyambut baik setiap nasihat yang diberikan wanita tersebut.

Disampaikan Eddy, melalui kerja sama yang baik dari semua pihak, ia akan berusaha untuk membawa Dairi ke arah yang lebih baik. (As)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN