Minggu, April 28, 2024

Musrenbang RKPD Tahun 2025, Bupati Eddy Berutu : Fokus Pembangunan Diarahkan Kepada 3 Prioritas

DAIRI – Hal itu disampaikan oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu saat menghadiri dan membuka Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Dairi tahun 2025 pada Selasa 5 Maret 2024 di Balai Budaya Sidikalang. Bupati menyampaikan musrenbang ini dilakukan dalam rangka menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah, serta penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi.

Sesuai dengan tema musrenbang yang telah ditentukan, maka pada tahun 2025 fokus pembangunan diarahkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas infrastruktur yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan serta tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif. Dalam musrenbang, Eddy Berutu menyampaikan capaian indikator kinerja utama sebagai ukuran keberhasilan dalam pencapaian visi dan misi daerah diantaranya nilai tukar petani sebesar 127,81%, indeks kepuasan masyarakat sebesar 85,85%, indeks infrastruktur sebesar 60,01%, indeks pendidikan sebesar 69,17% serta indeks membagi desa sebesar 0,6514 poin.

Di sektor infrastruktur, Bupati Eddy Berutu menyampaikan di tahun 2023 telah melakukan peningkatan jalan, diantaranya jalan jurusan Bakal Julu – Silumboyah Kecamatan Siempat Nempu Hulu sepanjang 4 km, jalan jurusan Simpang Tiga – Sumbul Berampu Kecamatan Berampu sepanjang 5,8 km, jalan jurusan Pinantar – Lae Tanggiang Kecamatan Sumbul sepanjang 2,3 km, jalan jurusan Kuta Buluh – Lau Primbon Kecamatan Tanah Pinem sepanjang 950 m.

Disektor pertanian, Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Pemkab Dairi telah menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian mulai dari tahun 2019 hingga 2023 sebanyak 631 alsintan. Di tahun 2023, telah dianggarkan alat dan mesin pertanian berupa cultivator sebanyak 88 unit, corn sheller sebanyak 39 unit, power threser mobile sebanyak 7 unit dan power threser multiguna sebanyak 1 unit.

“Prasarana pertanian juga menjadi perhatian penting guna mendukung akses pertanian dalam meningkatkan produksi. Di tahun 2023 pembangunan, rehabilitasi dan pemeliharaan jaringan irigasi usaha tani 7 unit, dan pemeliharaan jalan usaha tani 13 unit,” ujar Eddy Berutu yang di dampingi oleh Sekretaris Daerah Charles Bantjin.

Sementara itu, Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin dalam sambutannya yang diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara Dwi Endah Purwanti menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas terlaksananya musrenbang dengan tujuan sebagai upaya penajaman usulan masyarakat kepada pemerintah. Dalam musrenbang perlu penekanan penting diantaranya memperhatikan hasil evaluasi RKPD Dairi tahun 2023 untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung atas capaian kinerja yang telah dilaksanakan.

Pj. Gubernur Sumatera Utara mengatakan prioritas pembangunan tahun 2025 yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif, peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutanberkelanjutan serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.

Turut hadir dalam kegiatan musrenbang tersebut yakni Unsur Forkopimda, Perwakilan Balai Besar Pelaksana Jalan Salimul Bashirah, Perwakilan Balai Prasarana Permukiman Tantri Lumban Tobing serta jajaran Pemkab Dairi. (As)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN