Sabtu, Juni 15, 2024

Pemkab Dairi Sukses Selenggarakan Pilkades Serentak di 22 Desa

DAIRI– Pemerintah Kabupaten Dairi di bawah pimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu sukses selenggarakan pemilihan kepala desa (pilkades) di 22 desa yang tersebar di 11 kecamatan pada 25 Oktober 2023. Pilkades tersebut berjalan lancar, aman, teratur, dan kondusif.

Hal itu disampaikan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu Melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Dairi Simon Tonny Malau, Senin (30/10/2023).

“Pelaksanaan pilkades ini disambut baik oleh seluruh masyarakat Dairi. Pilkades ini merupakan wujud demokrasi dimana masyarakat berkesempatan untuk memilih pemimpinnya demokrasi, dan kita patut bersyukur karena pelaksanaanya berjalan sukses,” ucapnya.

Lebih lanjut, Simon menyampaikan menyikapi adanya permasalahan yang diajukan dari salah satu Calon Kepala Desa an. Charles Napitupulu akan segera diselesaikan dalam waktu 30 (tigapuluh) hari sebelum penetapan Calon Kepala Desa Terpilih dengan Surat Keputusan Bupati sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Bupati Dairi Nomor 14 Tahun 2023 tentang Penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Desa.

“Dapat kami informasikan bahwa dari 18 orang kepala desa petahana (petahana) yang kalah sebanyak sepuluh orang. Ada tiga orang terpilih kepala desa perempuan,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Simon menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat antara lain Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD), BPD Kecamatan, badan keamanan TNI/dan Polri, khususnya kepada seluruh masyarakat di 22 desa yang terdaftar dalam DPT dan memberikan suaranya.

Sebagai informasi, nama-nama kepala desa terpilih yaitu Sunta Tutur Simorangkir sebagai Kepala Desa Belang Malum dengan perolehan suara 797 suara, Patar Nainggolan sebagai Kepala Desa Pegagan Julu III dengan perolehan 545 suara, Edward Kennedy Sim sebagai Kepala Desa Tanjung Beringin dengan perolehan 932 suara, Perdinan Simamora sebagai Kepala Desa Tigalingga dengan perolehan suara 597 suara.

Jasri Maha sebagai Kepala Desa Pasir Tengah dengan perolehan 482 suara, Humitar Sitorus sebagai Kepala Desa Bakal Gajah dengan perolehan 205 suara, Binton Panjaitan sebagai Kepala Desa Polling Anak-anak dengan perolehan 278 suara, dan Junaidi Cibro sebagai Kepala Desa Tungtung Batu dengan perolehan 148 suara .

Tanggo Banjarnahor sebagai Kepala Desa Bukit Tinggi dengan perolehan 438 suara, Marsana Simamora sebagai Kepala Desa Kuta Tengah dengan perolehan 629 suara, Wahyu Daniel Sagala sebagai Kepala Desa Lae Nuaha dengan perolehan 1061 suara, Samta Sembiring sebagai Kepala Desa Pandan dengan perolehan 391 suara, Wanton Pasaribu sebagai Kepala Desa Tualang dengan perolehan 295 suara, dan Gabemo Pardosi sebagai Kepala Desa Pandiangan dengan perolehan 542 suara.

Nurmasi Sihombing sebagai Kepala Desa Lumban Sihite dengan perolehan 358, Ermawati Purba sebagai Kepala Desa Lumban Toruan dengan perolehan 377, Tumpak Marihot Lumbantobing sebagai Kepala Desa Buluduri dengan perolehan 579 suara, Iin Nenci Peronika Lumbantobing sebagai Kepala Desa Banjar Toba dengan perolehan 198 suara, Olihin Kudadiri sebagai Kepala Desa Sitinjo dengan perolehan 1199 suara, Parulian Kudadiri sebagai Kepala Desa Sitinjo I dengan perolehan 607 suara, Umum Sukarjo sebagai Kepala Desa Sitinjo II dengan perolehan 1125 suara, dan Alex Damer Situngkir sebagai Kepala Desa Silalahi III dengan perolehan 366 suara. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN