Sabtu, April 27, 2024

Pertama Di Sumut, Bupati Eddy Berutu Buka Festival Lokal Belajar.id, Kesempatan Besar untuk Dairi

DAIRI – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengapresiasi acara Festival Lokal belajar.id yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi di Aula Dinas Pendidikan Dairi, Sidikalang, Jumat (22/9/2023).

Bupati mengatakan bahwa Festival Lokal belajar.id ini merupakan suatu penyesuaian cara mengajar di zaman modern seiring dengan pemanfaatan teknologi digital yang mampu membuat proses pembelajaran berlangsung secara kontinu tanpa batas ruang dan waktu.

“Acara ini sangat baik dilakukan dalam rangka memberikan motivasi kepada seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Dairi untuk mencapai visi misi Dairi Cerdas lewat digitalisasi pendidikan. Jika tidak beradaptasi dengan perubahan dan mengikuti perkembangan zaman, maka kita akan semakin tertinggal,” ucapnya di awal sambutan.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Dairi menyelenggarakan Festival Lokal belajar. id Tahun 2023 yang bertemakan “Transformasi Digital Pendidikan dengan Pemanfaatan Akun belajar. id”.

Kegiatan ini pertama kalinya digelar di Sumatera Utara. Diikuti Kepala Sekolah PAUD, SD, SMP, dan SMA beserta guru-guru perwakilan se-Kabupateb Dairi. Acaraini dibuka secara resmi oleh Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu.

Bupati Eddy Berutu menambahkan, melalui platform Merdeka Belajar seperti belajar.id, para tenaga pendidik mempunyai kemudahan untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensi kapan pun dan dimana pun.

“Ini kesempatan yang luar biasa bagi kita. Dairi menjadi salah satu dari 25 daerah se-Indonesia yang dipercaya menyelenggarakan Festival Lokal belajar.id tahun 2023 ini,” tuturnya lagi.

Diungkapkan Eddy Berutu, prestasi ini tidak lepas dari upaya Pemkab Dairi secara khusus Dinas Pendidikan bersama seluruh pihak terkait yang sigap bergerak cepat mengambil kesempatan dan menjadi bagian penting dari 25 daerah lain.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada para guru dan seluruh tenaga pendidik serta stakeholder terkait atas kerja keras selama ini dalam menyukseskan program ini demi mewujudkan Dairi unggul yang mensejahterakan dalam harmoni keberagaman.

“Mari terus bergerak memberikan peran terbaik guna mempersiapkan anak didik kita menjadi generasi yang cerdas, berdaya saing dan tanggap teknologi,” katanya.

Sementara itu, Kacabdis Pendidikan Wilayah IV Sumatera Utara Salman S.Sos MAP menjelaskan bahwa Festival belajar.id adalah sebuah rangkaian acara yang diadakan untuk memberdayakan, memampukan, dan mengapresiasi para pendidik dan peserta didik dalam komunitas belajar.id dan institusi yang bergerak di bidang Pendidikan. Tujuannya dapat memanfaatkan akun belajar.id untuk peningkatan mutu pembelajaran.

“Terselip dalam kegiatan ini adalah semangat berkompetisi. Sesungguhnya guru-guru yang ikut serta dalmm festival ini adalah guru-guru penggerak di mana mereka bekerja mendorong memberi pemahaman baru lewat platform merdeka belajar yang harus diikuti stakeholder tenaga kependidikan. Karena Pendidikan adalah tanggung jawab kita bersama maka mari kita tunjukkan tanggung jawab kita itu. Semoga partisipasi ini akan berimbas pada dunia pendidikan di Dairi,” katanya mengakhiri

Terakhir, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menerima sertifikat penghargaan atas perannya selama ini mendorong pemanfaatan akun belajar.id di lingkungan Pemkab Dairi, secara khusus pada Dinas Pendidikan Dairi.

Turut hadir Staf Ahli Bupati Dapot Tamba, Kadis Pendidikan Drs. JW Purba, pejabat struktural dan fungsional di lingkungan dinas pendidikan, kepala sekolah dan guru penggerak, Bunda PAUD sekaligus Bunda Literasi Dairi Romy Mariani Simarmata, pengajar praktik, serta undangan lainnya. (As)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN