Minggu, Juni 16, 2024

Baterai Smartphone Anda Cepat Habis, Ini Aplikasi Penguras Baterai

Baterai yang cepat habis menjadi salah satu hal yang mengganggu kenyamanan pengguna smartphone. Penyebab baterai gampang habis bukan hanya karena dayanya yang rendah atau sedikit, namun juga dalam penggunaan aplikasi di smartphone. Ada beberapa aplikasi yang bikin baterai cepat habis.

Biasanya pengguna smartphone menginstal atau memasang banyak aplikasi di ponselnya, baik untuk hiburan maupun membantu sejumlah keperluan. Namun seringkali pengguna smartphone tidak sadar bahwa ada beberapa aplikasi yang membuat baterai cepat habis. Saat menggunakan aplikasi tersebut, ponsel akan bekerja maksimal sehingga baterai akan terkuras lebih banyak.

Selama ini pengguna smartphone hanya tahu bahwa game bisa menyedot baterai dalam jumlah besar. Padahal selain game, ada beberapa aplikasi yang membuat baterai lebih boros baik iphone maupun Android.

Aplikasi yang menguras baterai ponsel biasanya aplikasi yang membutuhkan grafis bagus dan sistem teknologi yang canggih sekaligus kompleks. Contohnya aplikasi-aplikasi yang memutar video atau film dan obrolan online. Berikut daftar aplikasi yang bisa membuat baterai ponsel Anda cepat habis, dikutip dari VOI.

Zoom
Aplikasi Zoom mengonsumsi energi dalam jumlah yang cukup besar. Zoom bisa menyedot banyak daya karena memiliki sistem yang kompleks atau khusus karena bekerja untuk menghubungkan komunikasi antar pengguna secara online dari berbagai tempat. Selain itu, Zoom juga membutuhkan kinerja grafis untuk mengirim gambar atau video.

Meski menjadi aplikasi yang menguras banyak bateria, Zoom banyak dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Biasanya Zoom digunakan untuk kebutuhan pekerjaan dan pendidikan, bahkan meeting untuk bisnis.

YouTube
YouTube menjadi salah satu platform yang paling banyak diakses oleh masyarakat di era sekarang. YouTube sangat populer karena menawarkan banyak tayangan video dalam berbagai topik dan genre. Selain sebagai media untuk mencari hiburan, platform ini juga menjadi tempat untuk berbagai dan mendapatkan konten edukasi.

Namun di balik kenyamanan tersebut, YouTube menjadi salah satu aplikasi yang menguras banyak baterai. YouTube membutuhkan daya yang tinggi untuk memutar video yang ditonton oleh pengguna. Terlebih bagi video yang memiliki resolusi tinggi dan diputar dalam waktu lama.

Instagram
Instagram juga menjadi aplikasi yang paling sering dibuka oleh masyarakat di seluruh dunia. Platform berbagai foto dan video ini memang sangat memanjakan netizen, baik sebagai media hiburan, informasi, edukasi, hingga bisnis. Namun aplikasi ini bisa membuat baterai cepat habis.

Instagram memakan banyak daya baterai karena menyajikan video dan foto dalam kualitas yang tinggi. Selain itu, terkurasnya baterai juga disebabkan oleh fitur-fitur canggih dalam Instagram, seperti live streaming, filter kamera, dan sebagainya. Apalagi pengguna tidak menyadari bahwa video di timeline Instagram akan terputar otomatis begitu digulirkan.

TikTok
TikTok sama seperti Instagram juga, menjadi platform media sosial yang menguras banyak daya. Aplikasi dari China ini semakin populer sejak beberapa tahun terakhir dan diakses oleh banyak orang di seluruh dunia. TikTok bisa bikin baterai boros karena menampilkan konten-konten dalam bentuk video. Apalagi konten video di TikTok akan terputar secara otomatis saat pengguna menggulir timeline di dalam platform ini.

Netflix
Aplikasi Netflix semakin banyak digunakan sejak pandemi COVID-19. Bahkan berlangganan dan mengakses aplikasi Netflix kini bagaikan candu karena pengguna bisa menikmati berbagai tontonan, mulai dari film, K Drama, serial, hingga series. Namun aplikasi yang satu ini juga menjadi penyebab baterai ponsel terkuras banyak.

Saking nyamannya menonton film, Anda mungkin tidak sadar bahwa baterai ponsel cepat habis saat mengakses Netflix. Aplikasi yang satu ini membutuhkan daya yang besar untuk memutar film, terlebih yang ditonton dengan resolusi tinggi dan dalam waktu lama.

Aplikasi Editing Video
Banyak pengguna smartphone yang menginstal aplikasi editing video, seperti VN, FilmoraGo, KineMaster, dan sebagainya. Aplikasi ini biasanya dibutuhkan oleh para kreator konten. Meski memudahkan urusan produksi konten, tapi aplikasi ini menyedot baterai dalam jumlah besar. Baterai ponsel Anda jadi boros karena Anda mengakses aplikasi ini untuk mengedit video dengan berbagai fitur yang canggih dan kompleks.

Aplikasi Trading
Aplikasi lainnya yang bisa membuat baterai ponsel cepat habis adalah platform trading. Kini banyak orang yang bermain trading melalui berbagai aplikasi seperti MetaTrader, Netdania, TD Ameritrade, MIFX Mobile, dan sebagainya. Sayangnya aplikasi ini menyedot banyak daya baterai. Aplikasi ini mengonsumsi daya tinggi untuk memunculkan pergerakan grafik yang datanya diambil secara berkala.

Demikianlah daftar aplikasi yang bikin baterai smartphone cepat habis. Sejumlah aplikasi di atas memang penting untuk membantu berbagai keperluan, baik itu dalam hal hiburan, pendidikan, hingga pekerjaan. Namun supaya baterai ponsel Anda tidak boros, Anda perlu membatasi penggunaannya.

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN