Jumat, April 26, 2024

Istilah-Istilah di Beranda Google Adsense Memantau Perkembangan Pendapatan, Seperti CPC dan CPM

Ada beberapa istilah singkatan-singkatan yang ada di Google Adsense guna melihat perkembangan pendapatan kita di kolom beranda Google Adsense.

Istilah di Google Adsense ini sering kita jumpai diantaranya adalah Page Impression, CPC, CTR, CPM dan eCPM. Istilah-istilah ini merupakan informasi analisa yang diberikan oleh Google Adsense kepada para publishernya.

Istilah Google Adsense ini berhubungan dengan data grafik penghasilan pada Adsense yang didapat.

Page View

Page View/Page impression atau impresi, dalam bahasa Indonesia “Tampilnya halaman” yang merupakan adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang mengandung kode unit iklan ditampilkan oleh pengunjung blog atau situs.

Pada page View ini nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang kita letakan pada halaman tersebut, jika iklan yang kita letakan pada halaman yang ditampilkan berjumlah 3 buah unit iklan, kemudian halaman tersebut tampil sebanyak 10 kali, maka Page impressionnya tetap saja adalah 10.

Istilah Impression bukan hanya pada google adsense, namun istilah ini dikenal juga untuk webmaster tool, jika di google adsense impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan adsense tampil, sedangkan untuk di webmaster istilah impression berkaitan dengan jumlah halaman ditemukan oleh mesin pencari berdasarkan kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian.

Maka, Semakin banyak impression maka itu menunjukan bahwa halaman dalam blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Click

Pada bagian ini mendefinisikan klik yang berkaitan dengan unit iklan adsense adalah bahwa klik disini mengandung arti akumulasi jumlah klik yang diperoleh oleh setiap unit iklan adsense yang di pasang.

CPC (Cost Per Click)

Istilah CPC merupakan istilah yang sering kita dengar dalam google adsense, CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (si pemasang iklan) untuk tiap klik iklannya.

Setiap kali iklan adsense tersebut di klik pengunjung maka dollar yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut.

Semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula peluang guna mendapatkan dollar dari iklan yang tayang di website kita.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi nilai CPC setiap iklan Adsense, diantaranya adalah jumlah iklan dalam halaman, jenis iklan yang dipilih, sumber pengunjung dan lain sebagainya, untuk mengetahui informasi mengenai CPC.

Mengenai nilai CPC untuk setiap iklan Google sangat merahasiakannya, hanya advertiser dan pihak google adsense saja yang lebih tahu mengenai nilai CPC.

Namun untuk saat ini ada tool yang bisa kita gunakan untuk memprediksi nilai CPC, nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda satu sama lain tergantung dari kata kunci tertentu.

Salah satu tool yang sangat recomended untuk menemukan kata kunci yang memiliki nilai CPC tinggi atau lebih dikenal dengan istilah high paying keyword adalah SEMRush.

CTR (Click Through Rate)

CTR (Click through rate) merupakan perbandingan dalam bentuk persentase untuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan tampil.

Jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sejumlah 10 kali maka nilai CTR nya dapat kita hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%.

Jadi jika dalam 1000 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.

Nilai CTR secara tidak langsung dapat menginformasikan, perilaku normal klik terhadap satu unit iklan, dan CTR menjadi referensi Google maupun publisher untuk memantau perilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan.

Nilai normal untuk CTR adalah 0% sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut, namun jika nilai CTR lebih dari 100% berarti itu sudah terindikasi adanya tindakan tidak normal.

Kasus ini bisa terjadi karena adanya bom klik, klik terus menerus pada iklan yang sama lebih dari 1 kali, kita harus terus memantau dan mewaspadai jika dalam akun google adsense kita mendapatkan informasi nilai CTR dengan nilai besar atau lebih dari 100%.

Jika terindikasi adanya tindakan kecurangan atau bom klik maka resikonya adalah akun adsense kita dibanned, nilai CTR diatas 100% bisa terjadi jika jumlah klik melebihi jumlah iklan tersebut tampil.

RPM (Revenue Per Thousand Impression)

Istilah RPM adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang didapatkan dari iklan-iklannya.

Misalnya publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari perhitungan [jumlah penghasilan /(impressi/1000)]= (200/(50.000/1000)=200/50=4.

Estimated Earning

Estimated Earning merupakan perkiraan jumlah penghasilan yang kita peroleh dari iklan adsense yang kita pasang, nilai estimated earning adalah hasil kali antara Jumlah click dengan CPC.

Semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula estimated earning yang akan kita peroleh, kemudian juga semakin banyak jumlah klik iklan itu akan semakin besar pula pendapatan yang kita peroleh.

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN