Senin, April 29, 2024

Bupati Dairi Eddy Berutu Tinjau Lahan Cabai di Kawasan Pertanian Terpadu, Sudah Panen 1,5 Ton

DAIRI– Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu meninjau kembali izin cabai yang ada di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan, Selasa, 8 Agustus 2023. Eddy Berutu dalam kunjungannya yang didampingi Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Robot Simanullang dan Kepala Bidang Pembinaan Penyuluh Lapangan (PPL) Sukaedah Angkat, untuk melihat perkembangan tanaman cabai.

Ditemui di lokasi perlindungan, Bupati Dairi mengatakan luasan yang diharapkan sudah masuk sesuai dengan jumlah luasan lahan yang dihitung dari awal. Untuk hasil tanaman setelah ditinjau, kata Eddy Berutu, saat ini sudah sangat baik dimana pada hasil tanaman ini menggunakan sumber bibit yang berbeda.

Dari hasil pembelanjaan cabai di lahan ini, Eddy Berutu berujar, masih terdapat serangan hama yang mengakibatkan cabai menjadi busuk.

Untuk serangan hama tersebut, Eddy Berutu mengatakan sedang diatasi oleh Dinas Pertanian sehingga tidak menghambat jumlah produksi saat panen. Terkait serangan hama tersebut, Bupati Dairi juga berkonsultasi langsung dengan tim ahli penanganan hama penyakit tanaman dan perbaikan unsur hara tanah Wahab Sitepu melalui sambungan telepon.

Sementara itu, dari informasi yang diperoleh, hasil panen cabai dari lahan tersebut sudah diperoleh 1,5 ton. Lahan cabai tersebut dikelola oleh petani Marga Sinaga seluas 1 hektar dan sudah melakukan panen sebanyak 7 kali. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN