Sabtu, April 27, 2024

Tanam Bersama Kelompok Suka Tani, Eddy Berutu Bagikan Alat Pertanian 5 Unit

DAIRI – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu melakukan tanam cabai merah bersama Kelompok Tani Suka Tani, Dusun Pardomuan, Desa Pargambiran, Kecamatan Sumbul, Selasa, 8 Agustus 2023.

Tanam cabai tersebut dilakukan di lahan seluas 1 hektar milik kelompok tani.

Usai tanam bersama, Eddy Berutu mengatakan dalam pertanian, jika para petani sejahtera maka masyarakat juga akan sejahtera. Sektor pertanian menjadi hal yang tidak mudah karena alam turut menjadi tantangan. Hama baru misalnya, yang tidak terdeteksi sebelumnya, itu adalah tantangan dari alam.

Eddy Berutu mengatakan pertanian membutuhkan orang yang tangguh dan orang tangguh itu berada di Kelompok Tani Suka Tani.

“Karena kelompok ini terbentuk secara swadaya, saya harapkan akan menjadi pelopor, penyemangat, dan inspirasi bagi petani lain di Dairi,” ujar Bupati Dairi.

Bupati Eddy Berutu mengatakan kelangkaan bahan pangan akan muncul. Apa yang dilakukan petani bukan hanya untuk keluarga, namun dibutuhkan oleh umat manusia.

Terkait bahan pangan, Pemkab Dairi, kata Eddy Berutu, sudah melakukan perjanjian kerjasama dengan Pemko Medan untuk suplai bahan pangan, yakni cabai. Tentunya dengan jaminan harga dari Pemko Medan, ada kepastian harga walau pun harga jatuh di pasaran tapi ke petani tetap dengan harga jual Rp 25.000 per kg.

“Saya bertekad untuk menyatukan para petani di Dairi, mendorong mereka untuk membentuk sebuah koperasi. Hal itu agar dapat melindungi para petani lebih kuat sehingga dapat membantu petani dalam meningkatkan produksinya,” kata Eddy Berutu menutup sambutannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Robot Simanullang mengatakan kelompok tani ini akan ikut sukseskan program pemerintah.

“Kelompok tani ini terbentuk bulan April 2023 secara swadaya. Diharapkan kelompok ini agar menjadi kelompok yang mandiri, tidak tergantung kepada bantuan. Kiranya kelompok akan maju dan makmur seluruh anggotanya,” kata Robot Simanullang.

Dalam kegiatan ini, Bupati Dairi Eddy Berutu memberikan bantuan kepada Kelompok Suka Tani berupa alat pencacah rumput dan hand sprayer electric 5 unit.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Sumbul Tetap Lingga, Kepala Bidang Penyuluh Pertanian Lapangan Sukaedah Angkat, dan Kepala Desa Pargambiran. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN