Jumat, Maret 29, 2024

Forum Kerukunan Umat Beragama Menjadi Soko Guru di Tengah-tengah Masyarakat

DAIRI– Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) harus mampu menjadi “Soko Guru” untuk menjaga kerukunan antar umat beragama yang ada di Kabupaten Dairi.

Hal ini disampaikan Ketua FKUB Kabupaten Dairi, Uskup GKPPD, Pdt. Abednego Padang Batanghari S.Th, yang baru saja dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu, Kamis (27/4/2023) di Balai Budaya Sidikalang.

Disampaikan Abednego, pemuka agama adalah tauladan ditengah-tengah masyarakat untuk menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Di Dairi memang belum pernah ada konflik antar umat beragama, namun kita tetap harus mengantisipasi agar FKUB ini terus dibuat. Forum ini juga tidak memiliki jabatan, artinya di FKUB ini, kita semua sama dalam menjaga kerukunan” Ujarnya

Ditambahkannya, pelantikan ini juga diharapkan semakin mempererat silaturahmi antara FKUB dengan Pemerintah Kabupaten Dairi, sehingga program Pemerintah Kabupaten Dairi dalam Mewujudkan Dairi Unggul Dalam Harmoni Keberagaman dapat terwujud.

“Kita FKUB dan pemerintah harus bersinergi dalam menjaga dan memelihara kerukunan ini. Kita berharap hal ini akan tetap terjaga demi keamanan dan kenyamanan seluruh umat,” ucapnya.

Adapun nama-nama pengurus FKUB Kabupaten Dairi, yang baru saja dilantik dan dikukuhkan oleh Eddy Berutu yaitu 1. Pdt. Abednego Padang Batanghari (Ketua), 2. Pastor Kartolo Malau O.Carm (wakil ketua), 3. Pdt Chandra Pratama Tarigan S.Th (wakil ketua), 4. Tuppak Padang S.Ag (Sekretaris), 5. Pdt. Ratna Siahaan (wakil sekretaris).

Selanjutnya, Anggota 1. Junaidi Tanjung, 2. Kamrun Situmeang, 3. Amry Al-Ansari Situngkur, 4. Ihsan Maha, 5. Pdt. Jingles Pasaribu, 6. Pdt. Robert Sitorus, 7. Pdt. Maruli Tua Sinaga, 8. Pdt. Sampur Manullang, 9. Pdt. SR Banjarnahor, 10. Pdt. Esron Marpaung, 11. Bintara Lobak SH dan 12. Pdt. Muda Arianto.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kapolres Dairi, AKBP Wahyudi Rahman SIK, Dandim 0206/Dairi mewakili Kasdim 0206/Dairi Mayor Inf. Jimmi Barus, Kajari Dairi diwakili Junjung Simbolon, Ketua PN Sidikalang diwakili Rumia Lumban Raja, Ketua MUI Dairi, Wahlin Munthe, Kakan Kemenag Dairi, H. Riswan Gajah, ketua NU Tumpak Padang, Ketua MUI Pakpak Bharat, H Mahlindung Capah, ketua TP PKK Kabupaten Dairi, Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Sekda Dairi, Budianta Pinem dan pimpinan OPD Pemkab Dairi. (As)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN