Senin, Maret 4, 2024
KPU SUMATERA UTARAspot_img
KPU SUMATERA UTARAspot_img

Hebat, Kader Posyandu Dairi Ratna Kudadiri Terima Penghargaan dari Ibu Negara Iriana Joko Widodo

DAIRI– Kader posyandu dari Kabupaten Dairi Ratna Juita Kudadiri meraih penghargaan sebagai Perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Kesehatan tingkat nasional tahun 2023.

Penghargaan ini diadakan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) untuk lima bidang, yakni bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup, dan pertanian.

Ratna menerima penghargaan tersebut di bidang kesehatan sebagai kader posyandu. Hebatnya, Ratna menjadi satu-satunya perempuan asal Sumatera Utara yang menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam acara Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51, Rabu, 17 Mei 2023 di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan.

Atas penghargaan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Dairi Romy Mariani Eddy Berutu br. Simarmata yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan ini hal yang membahagiakan dan membanggakan karena kader posyandu Dairi mewakili Sumatera Utara menerima penghargaan.

Romy mengatakan apa yang dilakukan Ratna sebagai kader posyandu akan menjadi inspirasi bagi kader posyandu lainnya khususnya di Dairi.

“Kita bayangkan mereka bekerja secara sukarela tanpa digaji. Ini patut kita hargai, karena terpilih setelah melalui berbagai tahapan seleksi dari penyelenggara,” kata Romy Mariani didampingi Sekretaris PKK Dairi Meri Iswan Togatorop br. Saragih dan Ketua Bidang III PKK Dairi Elfinka Eddy Banurea di Medan, Rabu, 17 Mei 2023.

Romy Mariani menambahkan saat ini kita mempunyai tugas untuk menurunkan angka stunting mengingat Kabupaten Dairi menjadi salah satu locus stunting.

“Oleh karena itu kita butuhkan kader seperti ibu Ratna agar angka stunting dapat kita turunkan,” ujarnya

Sementara itu, Ratna br. Kudadiri, warga Desa Parbuluan III, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, mengaku sebagai kader posyandu dilakoninya mulai tahun 2000

Diceritakannya, awal sebagai kader posyandu karena sering menjadi pendata kesehatan warga.

“Saat itu saya belum menikah, lama kelamaan menjadi terbiasa menjadi pendata dan menikmati pekerjaan ini. Sekarang saya sudah menikah, keluarga sangat mendukung penuh saya sebagai kader posyandu,” tutur wanita yang sehari hari berprofesi sebagai petani.

“Saya bangga bisa hadir di sini. Tak terbayangkan rasanya bisa menerima penghargaan ini, apalagi disaksikan langsung oleh ibu Negara. Ini momen yang paling berharga buat saya,” katanya menambahkan.

Ratna berharap semoga ke depan para ibu selalu peduli akan kesehatan anaknya dan selalu membawa anaknya ke posyandu untuk memastikan tumbuh kembang anaknya.

“Kesehatan anak adalah hal yang utama. Saya akan terus berjuang sebagai kader posyandu untuk kesehatan anak-anak sebagai generasi masa depan bangsa,” ucap Ratna.

Turut hadir juga dalam kegiatan ini Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin, Ketua Umum PKK Tri Tito Karnavian serta Ketua PKK provinsi, kabupaten, dan kota seluruh Indonesia. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN