Jumat, Mei 24, 2024

Ini Dia 8 Manfaat Buah Kelapa, Salah Satu Bisa Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat buah kelapa adalah mengatasi susah buang air besar. Bahkan, buah kelapa juga mampu menurunkan berat badan dan meningkatkan sistem imun.

Beragam manfaat tersebut berasal dari daging dan air kelapa yang mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh.

Buah kelapa tidak hanya dapat dikonsumsi sebagai minuman pelepas dahaga, tetapi juga diolah menjadi berbagai produk, seperti santan, minyak kelapa, dan bahan pelengkap masakan.

Manfaat buah kelapa untuk kesehatan juga sangat beragam karena buah ini mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, serat, kalsium, fosfor, magnesium, kalium, zat besi, dan vitamin C.

Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, manfaat buah kelapa untuk kesehatan tidak bisa dilepaskan dari kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kelapa untuk kesehatan:

1. Menghidrasi tubuh
Minum air kelapa dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi karena air kelapa mengandung elektrolit, seperti kalium, natrium, magnesium, dan kalsium, yang mampu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh terhidrasi dengan baik.

Inilah mengapa konsumsi air kelapa disarankan, terutama saat Anda mengalami kondisi tertentu seperti diare. Dengan minum air kelapa, cairan tubuh yang hilang saat diare bisa tergantikan sehingga Anda terhindar dari dehidrasi.

2. Mencegah gigi berlubang
Kandungan asam lemak yang ada dalam daging kelapa bersifat antimikroba. Hal ini membuat konsumsi daging kelapa baik untuk kesehatan gigi dan mulut karena dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

Namun, hal terpenting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah rutin menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari menggunakan pasta gigi mengandung fluoride.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Dalam buah kelapa terdapat kandungan mangan dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Tidak hanya itu, kandungan asam lemak yang ada dalam buah ini juga bersifat antijamur dan antivirus sehingga turut meningkatkan imunitas tubuh.

4. Menurunkan berat badan
Konsumsi daging kelapa ketika sedang menjalani diet dapat menurunkan berat badan. Ini karena daging kelapa mengandung asam lemak yang dapat membakar kalori dan lemak di tubuh.

Selain itu, daging kelapa juga mengandung serat yang tinggi. Dengan demikian, konsumsi buah ini dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga mencegah keinginan makan secara berlebihan.

5. Mencegah dan mengatasi sembelit
Buah kelapa juga diketahui bermanfaat bagi kesehatan saluran cerna. Manfaat buah kelapa ini bisa diperoleh berkat kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Serat dapat menambah volume dan membuat tinja menjadi lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan.

Dengan begitu, sembelit dapat terhindari atau teratasi dan kesehatan saluran pencernaan lebih terjaga.

6. Mengontrol kadar gula darah
Kandungan serat yang tinggi dalam daging kelapa dapat memperlambat kerja sistem pencernaan dalam mengolah makanan, sehingga mampu mengontrol kadar gula darah.

Konsumsi air kelapa pun demikian. Ini karena dalam air kelapa terdapat kandungan magnesium yang dibutuhkan untuk mengontrol kadar gula darah. Namun, penelitian lebih lanjut terkait manfaat buah kelapa masih diperlukan.

7. Menjaga tekanan darah
Selain dapat mengontrol kadar gula darah, konsumsi air kelapa juga bisa menjaga tekanan darah tetap normal. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kandungan kalium di dalamnya.

Kalium dapat menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh dan membuat dinding pembuluh darah menjadi rileks, sehingga turut berkontribusi dalam menjaga tekanan darah.

8. Menjaga kesehatan jantung
Minum air kelapa serta daging buahnya mampu menjaga kesehatan jantung. Ini karena konsumsi air kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, sehingga kesehatan jantung lebih terjaga.

Sementara itu, daging kelapa mengandung asam laurat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Ini berarti buah kelapa juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Meski begitu, kesehatan jantung tidak cukup dijaga hanya dengan mengkonsumsi buah kelapa saja. Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara rutin, menjaga berat badan tetap ideal, menjaga kolesterol dan tekanan darah tetap normal, serta mengelola stres dengan baik.

Manfaat buah kelapa untuk kesehatan memang sangat beragam. Namun, Anda tetap harus membatasi konsumsinya karena daging kelapa mengandung lemak yang tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk airnya pun demikian. Anda perlu untuk mengonsumsi air kelapa secukupnya dan hindari memberi gula tambahan pada air kelapa yang akan dikonsumsi karena dapat meningkatkan jumlah kalorinya.

Guna mengetahui takaran konsumsi buah kelapa yang aman, Anda dapat berkonsultasi ke dokter. Dokter akan merekomendasikan takaran yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, sehingga manfaat buah kelapa untuk kesehatan bisa diperoleh secara maksimal.

Ditinjau oleh : dr. Airindya Bella

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN