Selasa, April 16, 2024

Jurnalis Muda Tapteng, Benny Setiawan Raih Penghargaan di Lomba Karya Jurnalistik PTAR 2023

Tapteng – Seorang jurnalis muda asal Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), raih penghargaan pada Lomba Karya Jurnalistik PT Agincourt Resources (PTAR) tahun 2023.

Jurnalis Muda Tapteng tersebut bernama Benny Setiawan atau akrab disapa Benny Allen, dari media Kliksumut.com, berhasil meraih Juara Harapan II.

Walau hanya meraih Juara Harapan II, Benny Setiawan yang menampilkan tulisan berjudul ‘Tapak Kaki Suci PT Agincourt Resources Melestarikan Lingkungan dan Memberdayakan Masyarakat Lingkar Tambang’, berhasil memposisikan diri ke kumpulan penulis-penulis handal peserta lomba, yang notabenenya merupakan jurnalis-jurnalis senior yang bermukim di Jakarta dan Medan.

Sebuah prestasi yang patut untuk diacungi jempol. Pasalnya, peserta lomba bukanlah penulis-penulis kemarin sore.

Mayoritas peserta lomba bernaung dalam portal media-media ternama. Seperti Huyogo Simbolon dari Liputan6.com, Roganda Malau dari Kompas TV, dan Apriadi Gunawan dari The Jakarta Post.

“Alhamdulillah, dapat juara harapan II,” ujar Benny Setiawan, saat disambangi di kediamannya di Pandan, Tapteng, Jum’at (14/4/2023).

Benny mengungkapkan, awal keikutsertaannya pada Lomba Karya Jurnalistik PTAR hanya ingin mengasah kemampuan sekaligus memperbanyak jam terbang. Ia mengaku tidak pernah bermimpi untuk meraih juara, walaupun sekedar juara harapan II.

“Ngak, saya hanya mau mengasah kemampuan, tidak lebih,” ucap Benny.

Selain ingin mengasah kemapuan, Benny mengakui jika keikutsertaannya didukung salah seorang jurnalis senior yang selama ini selalu memotivasinya dalam dunia tulis menulis.

“Menurut beliau, jika ingin menjadi penulis handal, harus memperbanyak jam terbang. Makanya saya ikut. Eh tak taunya, nama saya tersebutkan dalam pengumuman pemenang,” tuturnya.

Ia berjanji akan terus belajar dan mengasah kemampuan agar kedepannya dapat menghasilkan karya-karya jurnalistik yang bermutu dan bisa bermanfaat bagi khalayak banyak.

“Doakan ya, agar kedepan dapat lebih baik lagi,” kata Benny.

Sebagaimana diketahui, PT Agincourt Resources (PTAR), menggelar Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2023 dengan tema ‘Praktik Pertambangan Berkelanjutan di Tambang Emas Martabe : Tumbuh Bersama Masyarakat dan Lingkungan’.

Penganugerahan pemenang lomba yang diikuti jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia ini, dilaksanakan di Medan pada tanggal 13 April 2023 di Medan, bertepatan dengan acara silaturahmi dan buka puasa bersama Tambang Emas Martabe.

Keluar sebagai juara I Huyogo Simbolon, yang menampilkan karya tulis berjudul ‘Kolaborasi Mengikis Mitos Tuberkulosis di Tapanuli Selatan’.

Untuk juara II diraih Roganda Malau dari Kompas TV Medan dengan judul liputan ‘Model Pertambangan
Berwawasan Lingkungan dan Sosial di Batangtoru’.

Sementara Juara III disematkan kepada Apriadi Gunawan dari The Jakarta Post. Apriadi menampilkan artikel bertajuk ‘Martabe Gold Mine Operator Aims to Rehabilitate 4.7 Ha of Land’. (Syaiful)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN