Kamis, Februari 22, 2024
KPU SUMATERA UTARAspot_img
KPU SUMATERA UTARAspot_img

Pemkab Dairi Selenggarakan Pelatihan Pengolahan Bisnis dan Manajemen Wirausaha Kopi

DAIRI– Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM (Disperindagkop UMKM) menyelenggarakan pelatihan pengolahan bisnis dan manajemen wirausaha bagi pelaku usaha kopi pada Selasa, (8/8/2023), di Gedung Pusat Layanan Unit Terpadu (PLUT) Raja Ekuten Asah Ujung Van Keppas, Kecamatan Sidikalang.

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dan diikuti 20 peserta yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Dairi.

Kepala Disperindagkop Kabupaten Dairi Iwan Taruna Berutu menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan kemampuan wirausaha dalam mengelola bisnisnya, baik dalam aspek keuangan, sumber daya manusia, produksi, dan pemasaran.

“Pendanaan kegiatan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik tahun anggaran 2023. Untuk itu, diharapkan melalui pelatihan ini peserta dapat memiliki kemampuan manajemen agar dapat menjalankan usaha industrinya secara sistematis,” ujar Iwan.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Dairi dalam sambutannya menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya agar pelaku usaha kopi dapat memperoleh kesejahteraan dari bidang usaha yang ditekuni.

“Bapak ibu pelaku usaha harus memanfaatkan kesempatan ini, harus aktif bertanya sebanyak-banyaknya agar bapak ibu dapat mengetahui strategi yang tepat untuk memajukan usaha saudara ke depannya. Kekuatan ekonomi masyarakat Dairi terletak pada komoditi pertanian, salah satu yanag diunggulkan adalah kopi Sidikalang,” ujarnya.

Eddy juga menyampaikan agar pelaku usaha dapat memaksimalkan pemanfaatan gedung PLUT, sebagai sarana pengembangan usaha mikro kecil menengah.

“Manfaatkan fasilitas gedung ini dalam mendukung pengembangan usaha saudara. Bangun usaha saudara hingga mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional. Sehingga usaha yang saudara berikan dapat memberikan multiplier effect (efek pengganda) bagi lingkungan sekitar,” ujarnya.

Eddy juga menyampaikan harapannya, agar melalui pelatihan tersebut maka produk UMKM Dairi dapat masuk dalam e-katalog serta tampil di Sarinah, M Blok Space, dan beberapa tempat berkelas lainnya.

Kegiatan pelatihan tersebut juga diwarnai dengan penandatangan perjanjian kerja sama antara unit pelaksana teknis PLUT Disperindagkop dengan SMK Swasta HKBP Sidikalang dalam hal penyelenggaraan kegiatan magang guru, tenaga kependidikan, dan siswa. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN