Senin, Juli 22, 2024

Polres Binjai Ringkus Ratusan Geng Motor dan Pasangan Bukan Suami Istri

BINJAI | Polres Binjai melalui Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) dan BNN Binjai serta Kodim 0203/Langkat Gelar Konferensi Pers Senin (13/04/2023) telah berhasil meringkus ratusan anggota geng motor dan puluhan pasangan yang bukan suami istri.

Kegiatan pelaksanaan razia geng motor, hotel, Cafe kos kosan dan tempat hiburan malam dalam rangka cipta kondisi menyambut bulan suci ramadhan Tahun 1444 H/ Tahun 2023 M di wilkum Polres Binjai bertempat di lapangan apel Polres Binjai Jl Sulthan Hasanuddin, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai.

Adapun kegiatan yang hadir dalam konferensi pers ini diantaranya Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP, Dandim 0203/Langkat Letkol Inf M Eko Prasetyo, Kapolres Binjai AKBP Hendrick Situmorang SH, SIK MSI, Kepala BNN Binjai Kombes Pol Magdalena Sirait, Wakapolres Binjai Kompol Agung Basuni, Kabagops Polres Binjai, Kompol Polin Damanik, Kapolsek Binjai Selatan, Kompol Eva Sinuhaji SH, Danramil 16/BU Kapten Kav Selamat Jaya, Kasi Pemberantasan AKP Bambang Sulistio.

Dalam arahan, Kapolres Binjai AKBP Hendrick Situmorang menyampaikan pelaksanaan press rilis atas razia geng motor, hotel, cafe kos kosan dan tempat hiburan malam dalam rangka cipta kondisi menyambut bulan suci Ramadhan Tahun 1444 H/Tahun 2023 M di Wilkum Polres Binjai.

” Saat ini Institusi Kepolisian RI Khususnya jajaran Polda Sumatera Utara sedang melaksanakan operasi kewilayahan dengan sandi operasi keselamatan Toba 2023 dengan sasaran sesuai instruksi Bapak Kapolda Sumut untuk melakukan penindakan terhadap pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm SNI dan pengendara dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol,” ujar Hendrick Situmorang

Selanjutnya sambung Kapolres Binjai, Operasi gabungan ini dilakukan bagaimana Kota Binjai ini kondusif untuk melaksanakan ibadah dan menyambut bulan suci Ramadhan, agar kota Binjai ini masyarakat nya melaksanakan ibadah dengan nyaman.

” Penindakan yang dilakukan di hotel hotel kota Binjai, dan motor motor yang kenalpot blong, inilah aksi masyarakat yang menimbulkan konflik dan kami melaksanakan penindakan kepada geng motor,” sambung Hendrick Situmorang

“Dari penangkapan ini ada sekitar 134 geng motor yang berada di wilayah kota Binjai dan dilakukan cek urin terdapat 30 orang positif yang memakai narkoba, harapan kami kedepannya kegiatan ini akan sering kami lakukan, akan kami tingkatkan lagi supaya kita Binjai ini aman dan kondusif,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Binjai Amir Hamzah mengucapkan terimakasih dan apresiasi terhadap Kapolres Binjai, Dandim 0203 Langkat, BNN dan Stakeholder yang mengikuti razia geng motor, hotel, cafe kos kosan dan tempat hiburan malam dalam rangka cipta kondisi menyambut bulan suci Ramadhan.

” Saya hari ini terharu dan sedih, sedih saya melihat anak anak saya ini semua, yang terjaring razia dan ada beberapa pasangan yang bukan suami istri, bagaimana perasaan hati orang tua kalian yang dibanggakan orang tua kalian melihat kondisi kalian seperti ini, betapa hancurnya hati orangtua kalian,” kata Amir dengan sedih.

Operasi razia gabungan ini sambung Amir, adalah bentuk kasih sayang pemerintah bersama Forkopimda untuk menyadarkan yang tertangkap agar dilakukan pembinaan.

” Mulai hari ini kalian harus bertekad untuk tidak mengulangi lagi perbuatan perbuatan yang tidak baik, kami Forkopimda dengan stakeholder terkait akan terus bersinergi dan berkolaborasi untuk menyelamatkan anak anak kami,” pungkasnya.

Dandim 0203/Langkat Letkol Inf M Eko Prasetyo menyampaikan TNI AD khususnya Kodim 0203/Langkat, Polres Binjai dan pemerintah kota terus berkoordinasi melaksanakan cipta kondisi untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H.

Hasil yang sudah didapat dan disampaikan kepada Kapolres Binjai,

“Kami tidak nyangka akan ada terjadi seperti ini, kami sudah melaksanakan paparan ke pimpinan agar kegiatan ini terus dilaksanakan agar kota Binjai lebih kondusif lagi, kita akan menindak lanjuti ini, kalau bisa membuat sangsi sangsi yang lebih berat kepada mereka, supaya kota Binjai lebih aman dan kondusif,” ucap Letkol Inf M Eko Prasetyo.

” Dan semoga sambung Letkol Eko Prasetyo dalam razia berikutnya tidak akan ada lagi perbuatan – perbuatan yang tidak baik seperti ini,” harapannya.

Selanjutnya Kepala BNN Binjai Kombes Pol Magdalena Sirait sangat menyayangkan hal tersebut, sebab masih ada terdapat anak anak yang tertangkap dan positif narkoba saat dilakukan tes urine.

” Kami berharap dalam kegiatan seperti ini dengan Forkopimda dan stakeholder terkait terus bersinergi agar Binjai lebih kondusif kedepannya.” ungkapnya.

Hasil dari operasi cipta kondisi ini didapat pasangan bukan suami istri sah sebanyak 40 orang laki-laki dan 41 orang perempuan dan dilakukan tes urine dengan hasil 30 orang positif menggunakan narkoba.

Selain itu, sebanyak 134 orang anak anak geng motor turut diamankan dan 40 orang positif menggunakan narkoba saat dilakukan tes urine.

Setelah dilakukan pendataan berdasarkan usia maka ditemukan anak pelajar (sekolah) sebanyak 74 orang.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan pada saat melaksanakan operasi cipta kondisi yakni, kendaraan R2 sebanyak 105 unit, 1 unit Bentor, 1 unit laptop merk Lenovo, 1 buah tongkat baseball, 1 buah batang balok kayu, 1 bilah celurit, 1 buah gergaji, 2 buah parang, 1 buah bilah pisau, 17 botol miras kosong.

Terhadap anak yang masih dibawah umur (pelajar) akan dilakukan pemanggilan terhadap orangtua dan Guru untuk dilakukan pembinaan disekolah masing-masing.

Setelah dilakukan tes urine dan pendataan maka ditemukan 70 orang terindikasi positif menggunakan narkoba dan akan diserahkan ke BNN kota Binjai sedangkan terhadap 13 orang yang diduga terindikasi terlibat praktek prostitusi akan diserahkan ke Dinas Sosial Kota Binja. (S.Turnip)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN