Jumat, Mei 24, 2024

Serahkan Bantuan untuk Disabilitas, Bupati Eddy Berutu Ingin Pastikan Hak yang Sama

DAIRI– Pemerintah Kabupaten Dairi melalui dinas sosial kembali memberikan perhatian penuh pada warga penyandang disabilitas.

Bantuan tersebut berupa penyerahan 21 alat bantu berupa 17 kursi roda untuk dewasa, 1 kursi roda untuk anak, 2 walker, dan 1 tripod.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Senin (25/9/2023), di Kantor Dinas Sosial Sidikalang.

Dalam Arahnya Bupati menyebutkan bahwa dalam Konvensi Kesamaan Hak-Hak Disabilitas yang juga disetujui dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Disabilitas disebutkan bahwa pemerintah secara berjenjang mulai dari pusat hingga daerah ingin memastikan penyandang disabilitas mendapat hak yang sama dalam kehidupannya dalam masyarakat.

“Kita tidak ingin saudara kita penyandang disabilitas memiliki kualitas hidup yang lebih buruk dari warga pada umumnya dan akses akan fasilitas umum yang disediakan pemerintah kita ingin setara,” kata Bupati mengawali.

Sebagai wujud perhatian pemerintah itu, kata Bupati, Pemkab Dairi juga terus berupaya mewujudkan Kabupaten Dairi layak HAM, di mana salah satu komponennya adalah menyalurkan hak-hak warga penyandang disabilitas dalam mendapatkan akses fasilitas umum bisa terpenuhi.

“Ini tantangan bagi kita. Itu sebabnya kita giat jalin bekerjasama dengan Kemensos agar warga kita penyandang disabilitas dapat terbantu.

Bantuan serupa akan selalu kami upayakan dan upayakan meskipun dengan dana yang terbatas. Kami dari pemerintah, berharap bantuan ini akan dapat memberi semangat baru bagi saudara-saudaraku. Semoga saudaraku selalu diberikan berkat oleh Tuhan yang maha kuasa,” katanya menutup Berbagai.

Sementara itu, Kadis Sosial Charles Bancin menjelaskan bahwa penyerahan bantuan sosial ini merupakan hasil kerjasama dengan Kemensos melalui UPT Balai Insyaf Medan.

Dijelaskan juga bahwa hingga saat ini jumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Dairi sebanyak 1973 orang baik penyandang disabilitas fisik maupun mental yang tersebar di 15 kecamatan.

“Hari ini diberikan 21 unit bantuan. Ini semua bukti kehadiran pemerintah ditengah kesulitan yang dialami masyarakat,” kata Charles menguatkan.

Hadir juga dalam kegiatan ini Lery Harson Simatupang dari Kemensos UPT Balai Insyaf Medan, beberapa camat, Ketua TP PKK Romy Mariani Eddy Berutu, jajaran Dinas Sosial Kabupaten Dairi, para warga penyandang disabilitas, dan keluarga. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN