Minggu, April 21, 2024

8 Penyebab Dengkul Sakit, Ini Pertolongan Pertamanya

Dengkul sakit dapat terjadi akibat cedera atau kondisi medis tertentu. Bila tidak segera ditangani dengan baik, nyeri di dengkul akan semakin memburuk dan bahkan bisa kambuh kembali sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, dengkul sakit juga bisa memicu rasa nyeri yang tak tertahankan. Kondisi ini ditandai dengan ketidakmampuan meluruskan kaki dan kaki terasa kaku serta lemah. Akibatnya, Anda akan sulit berdiri karena lutut tidak mampu menopang tubuh.

Penyebab Dengkul Sakit
Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan dengkul sakit, di antaranya:

1. Cedera ACL
Anterior cruciate ligament (ACL) adalah jaringan penghubung antar tulang yang menghubungkan tulang kering ke tulang paha. Cedera ACL menyebabkan dengkul terasa sakit, bengkak, dan lemah, sehingga penderitanya akan sulit menopang tubuh.

Cedera ini biasa dialami oleh atlet sepak bola, basket, atau olahraga lain yang melakukan gerakan pada kaki secara tiba-tiba, misalnya berhenti atau berbalik arah secara mendadak.

2. Fraktur
Fraktur atau patah tulang yang terjadi pada tulang di dengkul juga bisa menyebabkan dengkul sakit. Patah tulang di bagian dengkul ini dapat disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas atau terjatuh.

Penderita osteoporosis memiliki risiko lebih tinggi mengalami patah tulang. Hal ini karena berkurangnya massa dan kepadatan tulang yang dialami penderita osteoporosis membuat tulangnya sangat rapuh dan mudah patah.

3. Tulang rawan robek
Tulang rawan lutut yang terletak di antara tulang kering dan tulang paha dapat robek ketika memutar lutut secara tiba-tiba saat melakukan aktivitas berat, misalnya olahraga atau panjat tebing. Robekan tulang rawan juga bisa memicu rasa sakit dan pembengkakan di dengkul.

4. Bursitis
Bursitis adalah peradangan pada bursa, yaitu bantalan di sekitar sendi yang melindungi sendi dari gesekan saat bergerak. Bursitis menyebabkan dengkul terasa sakit, kemerahan, dan bengkak.

5. Peradangan tendon dengkul
Peradangan tendon dengkul menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan berjalan, menendang, berlari, dan melompat.

Tendon merupakan jaringan penghubung antara otot dan tulang. Tendon yang meradang kerap dialami para atlet, misalnya atlet sepak bola atau tenis.

6. Dislokasi tempurung dengkul
Dislokasi tempurung dengkul adalah kondisi bergesernya tempurung dengkul dari posisi normal, sehingga menyebabkan rasa sakit yang berat di area lutut.

Saat dislokasi terjadi pada tempurung dengkul, penderitanya akan merasa atau mendengar seperti bunyi ‘klik’ di area dengkulnya. Selain itu, bentuk dengkul yang mengalami dislokasi dan yang sehat juga akan tampak berbeda.

7. Radang sendi (arthritis)
Arthritis atau radang sendi bisa terjadi di sendi mana pun, termasuk dengkul. Peradangan di dengkul bisa menyebabkan rasa sakit, panas, dan bengkak.

Ada berbagai jenis arthritis, tetapi yang umum menyebabkan dengkul sakit adalah osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan penyakit asam urat.

8. Kelebihan berat badan
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan berhubungan dengan osteoarthritis.

Kelebihan berat badan menambah beban dengkul dalam menopang tubuh dan memicu terjadinya gesekan antar tulang, sehingga terjadi peradangan di sendi.

Pertolongan Pertama pada Dengkul Sakit

Apabila dengkul sakit tidak dapat dihindari atau mendadak muncul, ada langkah pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan, yaitu:

-Segera hentikan aktivitas ketika nyeri lutut muncul.

-Kompres dengkul dengan es selama 15–20 menit, setiap 3 atau 4 jam sekali.

-Bebat dengkul dengan perban untuk mengurangi pembengkakan dan guncangan pada dengkul. Namun, pastikan jangan terlalu ketat agar tidak mengganggu aliran darah.

-Posisikan dengkul yang sakit lebih tinggi saat berbaring dengan memberi penopang, seperti bantal.

-Konsumsi obat anti nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol. Jangan lupa untuk memperhatikan petunjuk pemakaiannya di kemasan.

Sedangkan untuk mencegah sakit dengkul kambuh kembali, pastikan Anda melakukan pemanasan sebelum olahraga.

Bila perlu, gunakan knee brace atau alat pelindung dengkul saat beraktivitas dan pilihlah sepatu yang nyaman. Jangan lupa untuk selalu menjaga berat badan ideal.

Itulah berbagai penyebab dengkul sakit dan cara mengatasinya. Apabila Anda telah mencoba berbagai cara di atas, tetapi nyeri di dengkul belum membaik bahkan semakin parah, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter juga akan menyarankan fisioterapi guna mengatasi kondisi dengkul sakit.

Ditinjau oleh : dr. Airindya Bella

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN