Minggu, Juni 16, 2024

IWO Sibolga-Tapteng Kecam Sikap Oknum Kepsek SS : Tidak Beretika

Tapteng – Ikatan Wartawan Online (IWO) Sibolga-Tapteng mengecam sikap oknum Kepala Sekolah (Kepsek) di Tapteng berinisial SS terhadap salah seorang jurnalis dari media aktiva.news, yang juga merupakan anggota IWO.

Ketua IWO Sibolga-Tapteng, Benny Setiawan ataupun yang akrab dipanggil Benny Allen, menilai sikap oknum kepsek tersebut tidak beretika, arogan dan tidak mengerti tugas jurnalis serta undang-undang keterbukaan informasi publik.

Menurut Benny, tugas yang dilakukan oleh jurnalis aktiva.news telah memenuhi kode etik jurnalistik sebagai mana telah diatur dalam undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers.

“Kita telah baca berita soal oknum kepsek itu. Jurnalis tersebut sebelum menerbitkan beritanya, sudah berupaya berulang kali mencoba konfirmasi sang oknum kepseknya. Kenapa setelah berita terbit, kepsek tersebut baru menelepon, dan langsung marah-marah apalagi sampai ada dugaan pengancaman, ku cari kau. Maksudnya apa?,” kata Benny, Senin (25/9/2023).

“Kalau oknum kepseknya merasa tidak ada yang salah, kenapa gak dijawab aja dari awal konfirmasi wartawan itu?,” sambungnya.

Tak sampai disitu saja, Benny juga meminta pembuktikan oknum kepsek yang menuding wartawan hanya mencari-cari kesalahan dan abal-abal.

“Jurnalis itu kan sifatnya konfirmasi agar pemberitaannya berimbang. Dan itu sudah dipenuhi oleh jurnalis aktiva.news, tapi oknum kepseknya malah melontarkan tudingan begitu. Kami selaku satu profesi (wartawan) merasa tidak terima tudingan itu,” ucap Benny.

Benny menegaskan, akan menindaklanjuti persoalan ini, karena menurut Benny, tudingan oknum kepsek tersebut telah menciderai hati dan nama baik jurnalis. (Syaiful)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN