Sabtu, April 20, 2024

Tinjau KPT Parbuluan V, Bupati Tak Sabar Segera Panen Raya

DAIRI – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengunjungi progres pertumbuhan tanaman komoditi cabai di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan, Selasa (23/5/2023).

“Saya lihat kondisi di lapangan dan dari segi luasan hasilnya memuaskan dan seperti yang kita harapkan. Ini adalah panen pertama dari musim tanam pertama. Dari hasil ini kita akan belajar beberapa yang harus kita perbaiki,” kata Bupati saat diwawancara.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, Bupati menyampaikan tanaman cabai dari bibit yang berbeda, menghasilkan pertumbuhan dan hasil panen yang berbeda. Dari hasil panen ini, nantinya, kata Bupati, Ia mengharapkan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Dairi untuk mengevaluasi bibit yang menghasilkan progres dan hasil yang lebih baik.

“Dari laporan Pak Kadis Pertanian tadi bahwa beberapa jenis bibit menghasilkan panen yang berbeda. Kita akan pilih bibit yang cocok dengan lahan ini, agar hasilnya maksimal,” katanya.

Selain bibit, kata Bupati, disiplin dan teknik budi daya yang baik tentu mempengaruhi pertumbuhan dan hasil panen cabai.

Lebih jauh dijelaskan bahwa KPT ini sudah masuk dalam perjanjian dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan.

“Yang pasti siklus tanam dan panen pertama ini akan menjadi modal kita untuk belajar menjadi lebih baik di musim tanam berikutnya. Kita lagi siap-siap untuk panen raya, untuk sama-sama panen bersama Pemkot Medan,” tegasnya lagi.

Sebelumnya, pada Senin, 6 Februari 2023, Bupati Dairi Eddy Berutu dan Wali Kota Medan Bobby Nasution meneken kerja sama antar daerah untuk menekan laju inflasi.

Dalam kerja sama tersebut, Dairi menjadi penyedia bahan pangan holtikultura, terutama cabai, sementara Kota Medan akan bertindak sebagai off taker atau pembeli.

Hadir dalam kunjungan ini, Kadis Pertanian Robot Simanullang, Kepala Cabang Bank BRI Sidikalang Marsudi, Kabid PPL Sukaedah Angkat, para penyuluh pertanian, dan para petani. Sekretaris Dinas Pertanian KPP, Rosianti M.D Pasaribu, Kabid Sarana dan Prasarana, Eben Ebron Gurning, Kabid Penyuluhan Sukaedah Angkat, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Siska Tampubolon, Kabid Bidang Perkebunan, Doody Tumanggor , Koordinator PPL beserta PPL, Kepala Desa Parbuluan, Perwakilan Bank BRI Cabang Sidikalang, Mahasiswa Polbangtan Medan, Anggota Kelompok Tani desa Parbuluan. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN