Rabu, Mei 22, 2024

Hilangkan Sariawan Dengan Mudah, Ini Beberapa Caranya

Cara menghilangkan sariawan bisa dilakukan dengan bahan alami maupun obat-obatan. Nah, masing-masing punya efek dan cara kerja yang berbeda.

Ketahui obat atau bahan apa yang bisa cepat menghilangkan sariawan, serta membuatmu nyaman selama proses penyembuhan.

Sariawan dapat dipicu oleh banyak hal, seperti cedera akibat benturan di area mulut, tergigit, tergesek kawat gigi, atau menyikat gigi terlalu keras, infeksi virus, bakteri, maupun jamur, serta kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin B, zinc, atau zat besi, hingga efek pengobatan, misalnya kemoterapi.

Selain itu, sariawan juga bisa dipicu oleh gangguan hormon, autoimun, serta alergi makanan dan obat.

Sariawan dapat muncul baik secara akut, kronis, ataupun hilang timbul tergantung dari faktor penyebabnya. Jika imunitas atau daya tahan tubuh baik, sariawan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1–2 minggu. Namun, untuk membantu penyembuhan sariawan dan meredakan nyerinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Untuk menghilangkan sariawan ringan, Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami, seperti air garam hingga minyak kelapa. Sedangkan untuk mengatasi sariawan yang sering berulang atau tergolong parah, Anda perlu menggunakan obat.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan sariawan dengan cara Alami:

Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara menghilangkan sariawan yang sudah umum dilakukan. Walau sedikit perih, cara ini cukup efektif, lho.

Garam memiliki sifat antiseptik yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri di mulut. Inilah yang membuat berkumur air garam dapat mempercepat penyembuhan sariawan.

Larutan air garam dibuat dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat. Setelah semua garam larut, berkumurlah beberapa detik dengan larutan ini. Cara menghilangkan sariawan dengan berkumur air garam bisa dilakukan hingga beberapa kali dalam sehari.

Mengoleskan Madu

Madu diketahui memiliki efek antibakteri dan anti peradangan. Makanya, tidak heran kalau bahan pemanis alami ini dinilai efektif untuk mengatasi sariawan.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan mengoleskannya ke sariawan, mengkonsumsinya langsung, atau mencampurkannya ke dalam teh. Untuk menghilangkan sariawan, kamu bisa mengoleskan madu ke sariawan hingga 4 kali sehari.

Berkumur Dengan Air Daun Sage

Daun sage sudah sejak lama digunakan sebagai campuran dalam obat kumur. Bahan herbal ini diketahui mengandung antioksidan serta memiliki efek anti peradangan dan antibakteri.

Selain itu, daun sage juga memiliki sifat astringent sehingga bisa mengerutkan jaringan yang luka. Dengan menggunakan air seduhan daun sage sebagai obat kumur, luka sariawan diharapkan bisa mengecil dan nyerinya bisa reda.

Kamu dapat membuat obat kumur alami ini dengan cara merendam beberapa daun sage di dalam air panas selama 5 menit, kemudian saring airnya. Tunggu larutan dingin sebelum digunakan, lalu kumur-kumur larutan tersebut selama beberapa menit.

Mengoleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga bisa menjadi salah satu alternatif cara menghilangkan sariawan yang nyaman. Sifat antimikroba dan anti peradangan yang dimiliki minyak kelapa mampu meredakan nyeri dan mencegah pertumbuhan bakteri di mulut.

Tidak hanya efektif untuk menghilangkan sariawan, minyak kelapa juga memiliki rasa yang enak dan penggunaannya pun praktis. Cukup oleskan minyak ini langsung ke sariawan, dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

Menggunakan Obat Oles Sariawan

Selain memanfaatkan bahan alami, cara menghilangkan sariawan dengan nyaman juga bisa menggunakan obat oles sariawan. Salah satu kandungan yang dinilai dapat meredakan peradangan dan rasa sakit pada sariawan adalah triamcinolone acetonide.

Zat ini memiliki efek antiradang, antialergi, antipruritus, sehingga dapat membantu meredakan nyeri dan bisa mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Selain itu, sebaiknya gunakan obat oles sariawan yang membantu membentuk lapisan pada jaringan mukosa mulut yang sedang mengalami luka atau iritasi.

Namun, sebelum menggunakan obat oles sariawan, pastikan untuk membaca dan mengikuti aturan penggunaan yang tertera di kemasan obat, atau bila perlu, konsultasikan dahulu dengan dokter.

Itulah berbagai cara menghilangkan sariawan yang nyaman dan praktis untuk kamu lakukan sendiri di rumah. Bila sariawan sudah sembuh, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut, mengonsumsi makanan yang bergizi, dan minum air putih yang cukup agar sariawan tidak muncul lagi.

Jika sariawan sering kambuh atau tidak kunjung sembuh meski sudah melakukan cara-cara di atas, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Ditinjau oleh: dr. Merry Dame Cristy Pane

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN