Rabu, Mei 22, 2024

Lolos 5 besar Karya Terbaik se-Indonesia, LBSI Sukseskan Seni Budaya Indramayu Tingkat Nasional

INDRAMAYU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Indramayu bersama Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu mendampingi tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pendampingan tersebut merupakan kegiatan pengambilan video yang dilakukan pada tanggal 2 April hingga 4 April 2023 terkait Lomba KAMU AKU KITA INDONESIA 2022 yang diselenggarakan Kemenparekraf RI yang diikuti 700 lebih komunitas dari seluruh nusantara termasuk dari Kota Mangga yang diwakili Lembaga Seni dan Budaya Indramayu (LBSI).

Rangkaian dalam pengambilan video pada tahap pertama yakni wawancara ketua LSBI beserta personel group di Pendopo Kabupaten Indramayu, tahap kedua yaitu aktivitas musisi jalanan yang berkolaborasi dengan LSBI di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jatibarang, dan tahap ketiga ialah wawancara juri oleh tim Kemenparekraf di Jakarta.

Dikonfirmasi tim Diskominfo Indramayu, Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu, Uum Umiyati menyatakan, program ini hadir sebagai wadah ajang kreatifitas seniman Komunitas Daerah dalam mengekspresikan bakat serta minat dalam seni musik, di mana LBSI telah lolos 5 besar karya terbaik yang mewakili keberagaman wilayah barat hingga timur Indonesia.

“Bupati Indramayu, Nina Agustina bersama Pemerintah Kabupaten Indramayu sangat peduli dengan perkembangan Seni dan Budaya Indramayu serta mendukung seniman daerah atau seniman komunitas dengan memberikan fasilitas dan akomodasi dalam mengikuti lomba KAMU AKU KITA INDONESIA, Alhamdulillah, LBSI menjadi Juara Harapan 1 dalam Lomba Karya Musik Anak Komunitas Tahun 2022, mewakili Indramayu Jawa Barat,” ujarnya.

Uum Umiyati menyampaikan, dalam penentuan ide dan konsep yang mengusung Budaya Indramayu, terpilih aransemen musik dengan judul “Nusantara Maha Cipta Pertiwi” yang didalamnya terdapat unsur musik tarling, tembang Dermayon, pertunjukan live lukisan dan tarian membawa gong serta memakai topeng Panji.

Masih lanjut Uum Umiyati, Indramayu kaya akan kearifan lokal serta budaya yang memengaruhi seni musik daerah, dan LBSI berkolaborasi dengan generasi muda untuk memunculkan ide-ide kreatif dalam memajukan seni budaya Indramayu di tingkat Nasional.

Dirinya mengungkap rasa syukur dengan diberikannya kesempatan pada LBSI untuk menyalurkan bakat, sehingga bisa memperkenalkan seni budaya Indramayu dan mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

“Menjadi kebanggaan yang luar biasa, bahwa seni dan budaya Indramayu bisa dikenal dan luar biasa ciamik, bisa dikemas lewat pertunjukan “Nusantara Maha Cipta Pertiwi”, semoga program KAMU AKU KITA INDONESIA terus dipertahankan sehingga seniman daerah bisa tampil luar biasa diwadahi program oleh Kemenparekraf,” pungkasnya.

Pada rangkaian dalam pengambilan video, turut dihadiri oleh Tim Media Digital Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kepala Bidang Kebudayaan pada Dikbud Kabupaten Indramayu, Uum Umiyati, Kepala Bidang Pariwisata dan Pemasaran pada Dispara Indramayu, Verra Primawati, serta Ketua LBSI, Edi Supriyadi beserta personel group. (Ahmad Faqih)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN