Selasa, April 16, 2024

Bulan Sabit dan Bintang Terlihat di Medan, Semoga Pertanda Baik

Keindahan bulan berbentuk sabit dengan bagian ujung seperti diterangi bintang terlihat pada malam ketiga bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Bulan sabit ini terlihat usai berbuka puasa sekira pukul 19.14 WIB pada Jumat malam, 23 Maret 2023 tampak jelas di Kota Medan.

“Indah kali malam ini, ada bulan dan bintang. Terlihat jelas dengan mata telanjang ini. Di foto menggunakan handphone juga tampak jelas,” ujar J Wijaya, warga Kota Medan.

Mengenai fenomena ini, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memberikan penjelasan bahwa peredaran planet-planet dalam mengelilingi matahari pada orbitnya yang berbentuk elips.

“Memungkinkan antar planet akan berpapasan pada waktu tertentu. Fenomena ini juga disebut konjungsi antar planet,” kata On Duty BMKG I Medan, Hanif Zarkasi dilansir VIVA.

Hanif mengungkapkan, terjadinya fenomena ini, hanya sekali dalam beberapa tahun sehingga disebut fenomena yang cukup langka.

Sama halnya dengan konjungsi yang terjadi antara bulan dan venus pada Jumat sore.

“Dimana bumi, bulan, dan venus berada pada satu garis lurus sehingga posisi bulan dan venus cukup berdekatan, satu sama lain saat diamati dari bumi,” kata Hanif.

Hanif menambahkan, untuk melihat fenomena bulan ini tidak perlu menggunakan alat bantu. Cukup menggunakan mata telanjang, keindahan bulan tersebut dapat dilihat secara langsung.

“Fenomena ini, dapat diamati dengan mata telanjang. Setelah matahari terbenam hingga venus terbenam,” ujar Hanif.

 

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN