Kamis, Februari 22, 2024
KPU SUMATERA UTARAspot_img
KPU SUMATERA UTARAspot_img

Kapolres Ungkapkan Untuk Kedepankan Teguran Simpatik

Tanggamus l Aktiva.News – Kapolres Tanggamus katakan untuk kedepankan teguran simpatik upaya terciptanya situasi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) dipelaksanaan Operasi Zebra Krakatau 2023, Selasa (05/09/23)

Kesiapan itu juga diperiksa Kapolres Tanggamus Sihumas Polres Tanggamus Polda Lampung saat mempimpin apel gelar pasukan di Lapangan Mapolres setempat, Senin, 4 September 2023.

Dalam rangkain apel gelar pasukan itu, Kapolres juga menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan TNI Kodim 0424/TGM, personel Sat Lantas dan Dishub Tanggamus.

“Operasi Zebra Krakatau 2023 selama 14 hari mulai Senin (4/9) hingga 17 September, guna meningkatkan keamanan dan keselamatan berlalu lintas,” kata AKBP Siswara membacakan amanat Kapolda Lampung.

Kapolres menyebut, tujuan Operasi Zebra Krakatau 2023 adalah menurunkan angka Pelanggaran, Laka Lantas dan angka fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Kemudian terdapat 7 prioritas penindakan pelanggaran yakni pengemudi atau pengendara yang menggunakan Ponsel saat berkendara, pengemudi atau pengendara Ranmor yang masih di bawah umur.

Lalu, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1 orang, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan Helm SNI dan pengemudi yang tidak menggunakan Safety Belt.

Selanjutnya, pengemudi atau pengendara Ranmor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol, pengemudi atau pengendara Ranmor yang melawan arus serta pengemudi atau pengendara melebihi batas kecepatan.

“Petugas mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis didukung penegakan hukum lalu lintas secara elektronik (ETLE statis dan mobile) dan teguran simpatik dalam rangka disiplin masyarakat berlalu lintas,” ungkapnya.

Ditambahkannya, diharapkan melalui Operasi Zebra Krakatau 2023, dapat meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, serta terbangunnya budaya tertib berlalu lintas khususnya di kalangan milenial.

“Kami mengajak seluruh warga dan pengguna jalan untuk berperan aktif dalam mendukung Operasi Zebra Krakatau 2023 ini demi terciptanya keselamatan berlalu lintas yang lebih baik di jalan raya,” tandasnya.

Dalam penggelaran pasukan itu, turut diikuti oleh para Pejabat Utama (PJU) Polres, pejabat TNI Kodim 0424 TGM, para perwira dan Kapolsek jajaran di Polres Tanggamus.

Sementara itu, personel terlibat gelar pasukan terdiri dari TNI Kodim 0424, gabungan personel Polres dan Polsek, Dishub, Pol PP. Juga ditampilkan kendaraan pendukung Operasi.(Jeni)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN