Rabu, Mei 22, 2024

Penyebab Sakit Pinggang Pada Remaja

Sakit punggung mungkin identik dengan keluhan para lansia, tetapi sebenarnya sakit punggung juga bisa dialami oleh remaja.

Mengapa remaja juga bisa mengalami sakit punggung? Apa penyebabnya? Bagaimana penanganan dan cara mencegahnya? Berikut ini penjelasannya.

Masalah pada punggung anak remaja paling banyak disebabkan karena cedera, mengingat banyaknya aktivitas yang mereka lakukan.

Selain cedera (akibat olahraga, bermain, atau terjatuh), sakit punggung pada remaja juga bisa terjadi akibat memakai tas punggung yang berat.

PENYEBAB SAKIT PUNGGUNG PADA REMAJA

Keluhan kaku dan sakit punggung pada remaja paling sering terjadi akibat otot yang tertarik atau teregang, atau akibat terbentur.

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab sakit punggung pada remaja.

Berkaitan dengan Otot
Penyebab sakit punggung pada remaja yang paling sering sama seperti orang dewasa, yaitu berasal dari masalah otot. Biasanya terjadi akibat penggunaan yang berlebihan, tetapi mungkin ada riwayat cedera akut.

Berkaitan dengan Tulang
Sakit punggung berkaitan dengan tulang terjadi pada bagian tengah tulang belakang dan biasanya dicetuskan oleh gerakan menekuk punggung ke belakang.

Penyebab umum sakit punggung berkaitan dengan tulang pada remaja antara lain:

Spondylolysis
Spondylosis adalah kerusakan pada diskus tulang belakang, biasanya terjadi di tulang belakang lumbal bagian bawah.

Spondylolysis biasanya terjadi pada masa remaja awal dan tidak bergejala. Ketika muncul, gejala biasanya berupa sakit punggung bawah yang timbul akibat gerakan hiperekstensi tulang belakang dan mereda dengan istirahat.

Spondylosis sering dialami atlet remaja yang mengeluh sakit punggung bawah, yang melakukan olahraga senam lantai, sepak bola, kriket, angkat berat, dll.

Spondylolisthesis
Spondylolisthesis adalah suatu kondisi di mana satu atau beberapa ruas tulang belakang (vertebra) bergeser ke depan dari tulang di bawahnya atau di atasnya.

Adolescent Idiopathic Scoliosis (AIS)
Skoliosis adalah lengkungan tulang belakang yang tidak normal. Penyebabnya tidak diketahui, atau terjadi akibat cacat bawaan, spasme otot atau paralisis, infeksi, tumor, atau penyebab lainnya.

Scheuermann’s Disease/Juvenile Kyphosis
Scheuermann’s disease adalah pertumbuhan tidak normal yang umumnya terjadi di bagian thoracolumbar tulang belakang yang menyebabkan meningkatkannya lengkungan tulang belakang.

Biasanya berkaitan dengan spondylosis. Scheuermann disease adalah penyebab tersering dari kifosis struktural pada remaja dan sering disertai dengan gejala postur tubuh yang buruk dan sakit punggung.

Berkaitan dengan Diskus
Sakit punggung berkaitan dengan diskus umumnya muncul ketika melakukan gerakan membungkuk dan dapat menyebar.

Sekitar 10% sakit punggung yang menetap pada remaja berkaitan dengan diskus.

Herniasi diskus
Herniasi diskus sering dialami oleh orang dewasa, pada remaja, penyakit ini terjadi akibat:

trauma akut, penyakit Scheuermann, riwayat herniasi diskus dalam keluarga
obesitas, olahraga: angkat besi, gulat, senam lantai, olahraga yang banyak gerakan benturan

Penyebab Sakit Punggung Lainnya
Tumor

Sakit punggung akibat tumor pada remaja jarang terjadi. Tumor tersering yang dapat menimbulkan gejala sakit di punggung adalah osteoid osteoma. Hanya 10 – 20% osteoid osteoma yang berlokasi di tulang belakang.

Infeksi
Beberapa infeksi yang menyebabkan sakit punggung pada remaja diantaranya osteomielitis vertebra, infeksi sendi sakroiliaka, abses epidural, dan infeksi non spinal berkaitan dengan infeksi virus.

Arthritis
Sejumlah kondisi peradangan sistemik dapat mempengaruhi tulang belakang dan menimbulkan gejala sakit punggung, misalnya ankylosing spondylitis, arthritis psoriatic, dan arthritis reaktif.

PENANGANAN SAKIT PUNGGUNG PADA REMAJA

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa penanganan sakit punggung pada remaja tidak dapat disamakan dengan orang dewasa. Penanganan dilakukan menggunakan pendekatan yang berbeda.

Penanganan yang dapat dilakukan yaitu edukasi, olahraga, terapi manual dan terapi kondisi.

Terapi dilakukan bertujuan untuk mengurangi kekambuhan, mengurangi intensitas sakit punggung dan menghindari disabilitas.

Edukasi
Edukasi untuk mengatasi sakit punggung pada remaja mencakup melatih postur tubuh yang baik dan penekanan pada ‘body awareness’.

Olahraga
Olahraga yang dilakukan untuk mengatasi sakit punggung terdiri dari peregangan, latihan kekuatan, latihan pernapasan, latihan koreksi postur tubuh, latihan keseimbangan, latihan fungsional, koordinasi, stabilisasi otot inti tubuh, dan relaksasi.

Konsultasikan dengan dokter mengenai latihan yang tepat untuk anak Anda, karena latihan dapat berbeda bergantung pada kondisi masing-masing. Latihan sebaiknya dipandu atau diawasi oleh terapis profesional yang berpengalaman.

MENCEGAH SAKIT PUNGGUNG PADA REMAJA

Pencegahan terbaik dari sakit punggung adalah deteksi awal. Tindakan pencegahan untuk sakit punggung diantaranya membiasakan untuk melakukan teknik yang tepat, misalnya saat mengangkat benda berat, berolahraga (yang melibatkan gerakan punggung berlebihan), latihan penguatan otot inti tubuh, peregangan, dan lain-lain.

KONSULTASIKAN DENGAN DOKTER

Apabila anak yang memiliki keluhan sakit punggung berusia kurang dari 10 tahun, atau memiliki gejala berikut:

Nyeri yang tidak mereda atau bertambah buruk, Demam atau berat badan turun
Sulit menggerakkan tungkai, Mati rasa atau kesemutan di tungkai, Tidak bisa mengontrol kandung kemih atau buang air besar, Perubahan cara berjalan atau postur tubuh,

Keluhan sakit punggung pada anak-anak yang tidak mengalami cedera harus dikonsultasikan dengan dokter untuk dievaluasi lebih lanjut.

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN